Hebat! China Telah Cetak 24 Miliarder Baru hingga Juni 2020

Hebat! China Telah Cetak 24 Miliarder Baru hingga Juni 2020 Foto: Twitter/africachinapre2

Miliarder dari China terus berdatangan sepanjang setengah tahun 2020 hingga bulan Juni kemarin, Bursa saham di China telah memainkan peranpenting karena banyaknya investor ritel yang mencari pengembalian cepat dan menanamkan dananya di pasar modal China.

Dilansir dari Bloomberg di Jakarta, Selasa (28/7/2020) China telah menelurkan dua lusin miliarder dari 118 pencatatan IPO tahun ini. Mayoritas perusahaan yang melakukan IPO berasal dari sektor kesehatan dan teknologi.

Baca Juga: China Kirim Sinyal Bahaya, Latihan Militer Besar Siap Digelar?

Sebanyak 24 miliarder baru telah lahir dari pasar modal China hingga Juni 2020. Para miliarder tersebut datang dari bermacam latar belakang, seperti mantan guru, akuntan, hingga pengembang perangkat lunak.

Dari 118 perusahaan yang listing di Bursa Efek Shanghai dan Shenzen tahun ini telah berhasil mengumpulkan USD20 miliar (Rp290 triliun) hingga Juni tahun ini.

Jumlah tersebut naik lebih dari dua kali lipat dibanding realisasi paruh pertama 2019. Shanghai pun kini menjadi tempat pencatatan saham nomor 1 dunia, mengalahkan New York dan Hong Kong.

Para miliarder China angkatan IPO 2020 ini memiliki kekayaan gabungan USD70 miliar (Rp1.019 triliun) pada pertengahan Juli. Sebagian besar datang dari industri kesehatan dan teknologi, yang kegiatan bisnisnya menanjak selama pandemi.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini