Kisah Orang Terkaya: Michael Bloomberg Si Raja Media Keuangan AS

Kisah Orang Terkaya: Michael Bloomberg Si Raja Media Keuangan AS Foto: Republika

Michael Bloomberg adalah seorang pengusaha miliarder dan mantan walikota tiga periode di New York City. Ia merupakan orang terkaya ke-16 dunia dengan harta kekayaan mencapai USD54,9 miliar (Rp797 triliun)

Pemilik nama asli Michael Rubens Bloomberg ini lahir pada 14 Februari 1942 di Boston, Massachusetts. Bloomberg merupakan lulusan Johns Hopkins dan Harvard. Ia memperoleh gelar Magister Administrasi Bisnis pada tahun 1966.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Larry Page, Sosok Jenius di Balik Google

Setelah itu, ia menjadi mitra di Salomon Brothers. Dia memulai perusahaannya sendiri yang merevolusi distribusi informasi keuangan dan menjadikannya seorang miliarder melalui Bloomberg LP. 

Tak hanya aktif berbisnis, Bloomberg juga merupakan seorang politikus yang menjadi walikota New York City pada tahun 2002, dan ia kemudian memenangkan pemilihan untuk masa jabatan kedua dan ketiga yang kontroversial. Setelah itu, pengusaha dan seorang filantropis ini mengabdikan dirinya untuk memerangi dampak perubahan iklim, sebelum gagal menjadi calon presiden 2020.

Ketika Salomon Brothers dibeli oleh Bloomberg pada tahun 1981, Bloomberg memulai perusahaannya sendiri, Bloomberg L.P, yang dibangun sebagai komputer informasi keuangan yang merevolusi cara data sekuritas disimpan dan dikonsumsi.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini