Apa Itu Biaya Peluang?

Apa Itu Biaya Peluang? Foto: Unsplash/Rawpixel

Biaya peluang adalah biaya yang dikeluarkan ketika memilih suatu kegiatan. Berbeda dengan biaya sehari-hari, biaya peluang muncul dari kegiatan alternatif yang tidak bisa kita lakukan.

Biaya peluang mewakili manfaat yang dilewatkan oleh individu, investor, atau bisnis ketika memilih satu alternatif dari yang lain. Laporan keuangan sendiri tidak menunjukkan biaya peluang, pemilik bisnis dapat menggunakannya untuk membuat keputusan yang berpendidikan ketika mereka memiliki beberapa pilihan sebelum mereka. Kemacetan sering menjadi penyebab biaya peluang.

Baca Juga: Apa Itu Biaya Modal?

Karena menurut definisi biaya peluang tidak terlihat, biaya peluang dapat dengan mudah diabaikan jika seseorang tidak berhati-hati.

Rumus menghitung biaya peluang hanyalah antara pengembalian yang diharapkan dari setiap opsi. Seperti opsi A untuk berinvestasi di pasar saham dengan harapan dapat menghasilkan pengembalian modal. Atau opsi B untuk menginvestasikan kembali uang ke dalam bisnis, berharap bahwa peralatan yang lebih baru akan meningkatkan efisiensi produksi, yang mengarah pada biaya operasional yang lebih rendah dan margin keuntungan yang lebih tinggi.

Asumsikan pengembalian investasi yang diharapkan di pasar saham adalah 12 persen selama tahun depan, dan perusahaan Anda mengharapkan pembaruan peralatan untuk menghasilkan pengembalian 10 persen pada periode yang sama.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini