Orang Dekat Trump Positif Corona, Nasibnya Sekarang...

Orang Dekat Trump Positif Corona, Nasibnya Sekarang... Foto: Reuters/Leah Millis

Penasehat Keamanan Nasional AS Robert O'Brien yang merupakan orang di lingkaran dekat Presiden Donald Trump, dinyatakan positif Covid-19. Namun, Gedung Putih memastikan, Trump dan Wakil Presiden Mike Pence baik-baik saja. Tak ada risiko terpapar.

Pejabat Gedung Putih mengungkap, dalam beberapa hari terakhir, O'Brien tak berinteraksi dengan Trump.

Baca Juga: Serang Trump, Biden: Dia Orang Rasis Pertama yang Jadi Presiden

"O'Brien hanya mengalami gejala ringan. Saat ini, dia mengkarantina diri, dan tetap bekerja dari lokasi yang aman. Trump dan Pence tidak memiliki risiko keterpaparan. Dewan Keamanan Nasional juga tetap beroperasi seperti biasa," demikian bunyi pernyataan Gedung Putih, seperti dikutip Reuters, Senin (27/7/2020).

O'Brien yang menggantikan John Bolton sebagai Penasehat Keamanan Nasional AS pada September 2019, belum lama ini kembali dari Eropa, dalam perjalanan dinas ke Inggris, Prancis, Jerman, dan Italia bersama jajarannya. Termasuk, mewakili AS dalam upacara Hari Bastille di Paris, Prancis.

Dalam perjalanan tersebut, O'Brien didampingi oleh Dinas Rahasia AS, sejumlah staf, dan para wartawan. CNN menyebut, dari foto-foto yang beredar, O'Brien tak tampak menjaga jarak ataupun memakai masker.

Tanggal 14 Juli, O'Brien bersua dengan Emmanuel Bonne, Penasehat Politik Luar Negeri Presiden Prancis Emmanuel Macron. Sehari-harinya, Bonne kerap berinteraksi dengan Macton.

Bahkan, beberapa hari setelah bertemu O'Brien, Bonne pergi ke European Council Summit di Brussel untuk bernegosiasi.

Sekembalinya ke Washington, O'Brien membatalkan pertemuan dengan pejabat Eropa lainnya. Tak jelas apa alasannya. Yang pasti, ia menyebutnya dengan alasan pribadi. 

Sementara itu, Kepala Penasehat Ekonomi Gedung Putih Lary Kudlow menyebut, O'Brien tertular Covid dari salah satu putrinya. 

 "Saya harap, dia baik-baik saja. Kasusnya ringan. Sepertinya, putri O'Brien sudah lebih dulu terinfeksi," tuturnya kepada wartawan di Gedung Putih, seperti diwartakan Reuters, Senin (27/7/2020).

Penyebaran Covid di AS yang tak kunjung reda, telah menggagalkan rencana Trump untuk menggelar Konvensi Nasional Partai Republik di Jacksonville, Florida. Sedianya, konvensi tersebut akan mengokohkan Trump sebagai kandidat dari Partai Republik, pada Pilpres November mendatang.

O'Brien bukanlah pejabat pertama di lingkaran dekat Trump, yang kena corona. Pada medio Mei, Stephen Miller yang merupakan ajudan Presiden Trump, dilaporkan mengalami hal yang sama. Begitu pula istrinya, Katie Miller, yang bekerja sebagai Juru Bicara Wakil Presiden AS Mike Pence.

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini