Jubir Covid-19: Krisis Belum Berlalu

Jubir Covid-19: Krisis Belum Berlalu Foto: Rahmat Saepulloh

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 memetakan dan terdapat delapan kluster yang dominan menjadi sumber penularan virus Corona tipe baru yaitu pasar yang juga termasuk tempat pelelangan ikan, hingga perkantoran.

“Kluster penyumbang kenaikan kasus di Indonesia adalah tempat berkerumun. Pertama, pasar dan tempat pelelangan ikan dimana masyarakat sering berkumpul,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers secara daring dari Kantor Presiden, Jakarta, Senin.

Kluster lainnya yang dominan menjadi sumber penularan adalah pesantren, fasilitas kesehatan, seminar, pusat perbelanjaan atau mall, tempat ibadah, dan juga transmisi lokal.

Baca Juga: Jubir Covid-19 Nasional: Ini Tanda Baik

“Fasilitas kesehatan perlu menjadi perhatian karena ini sumber penularan tinggi,” ujarnya.

Satgas meminta jajaran di tingkat daerah, pemerintah daerah dan masyarakat mengawasi penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di delapan kluster tersebut. Jika timbul kasus positif di kluster terkait, Satgas di daerah perlu segera melacak kontak dekat kasus tersebut.

“Kalau ada peningkatan kasus, berarti ada yang tidak sempurna pelaksanaannya, mohon petugas dikerahkan untuk disiplin warga atau orang-orang yang bekerja di situ,” ujarnya.

“Kondisi yang ada menunjukkan krisis belum berlalu. Indonesia masih krisis, perlu waspada, saling mengingatkan disiplin kolektif agar kasus dapat ditekan dan proses kesembuhan ditingkatkan,” ujar dia.

Hingga Senin ini, kasus pasien positif COVID-19 di Indonesia mencapai 100.303 kasus, dengan 4.838 pasien COVID-19 telah meninggal, dan 58.173 pasien telah dinyatakan sembuh.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini