Misteri Warga Pulau di Italia Kebal Sebaran Virus Covid-19

Misteri Warga Pulau di Italia Kebal Sebaran Virus Covid-19 Foto: Reuters/Manuel Silvestri

Penduduk Pulau Giglio, Italia, menarik perhatian peneliti karena tidak melaporkan kasus penularan lokal  Covid-19 sama sekali. Padahal, daerah ini kerap dikunjungi pendatang dari luar.

Peneliti kanker payudara di Universitas Milan dan profesor epidemiologi, Paola Muti, mengatakan, dia terdampar di pulau kecil itu ketika virus Corona mulai menyebar. Daerah itu pun melaporkan ada tiga pengunjung yang jatuh sakit akibat Covid-19 dan sebelumnya mereka telah berinteraksi dengan masyarakat.

Baca Juga: Warisan Miliarder Italia Ini Jatuh ke Tangan Anak dan Istri Kedua

Namun, anehnya, tidak ada laporan warga yang menderita gejala dari penyakit yang dibawa virus tersebut. Muti pun dibuat kebingungan dengan kondisi tersebut karena wilayah ini seharusnya sangat mudah untuk menyebarkan virus dalam seketika.

Maklum, penduduk setempat sangat suka bersosialisasi di lorong-lorong curam dekat pelabuhan atau di tangga granit yang berfungsi sebagai jalan sempit di lingkungan Kastil puncak bukit. Perumahan padat yang dibangun dari sisa-sisa benteng yang didirikan berabad-abad lalu untuk melindungi dari bajak laut.

Armando Schiaffino yang merupakan satu-satunya dokter di pulau itu selama sekitar 40 tahun memahami kekhawatiran Muti.

"Setiap kali penyakit anak-anak yang biasa, seperti demam berdarah, campak atau serangan cacar air, dalam beberapa hari praktis semua bisa terinfeksi" ujarnya.

Hanya saja, kenapa virus Corona tidak menyebar? Muti mencoba mencari tahu mengapa hal itu tidak terjadi.

"Dr. Schiaffino mendatangi saya dan memberi tahu saya, ‘Hei, lihat, Paola, ini luar biasa. Dalam pandemi penuh ini, dengan semua kasus yang datang ke pulau itu, tidak ada yang sakit. 'Jadi saya berkata pada diri saya sendiri: ‘Benar, di sini kita bisa melakukan penelitian, bukan? Saya di sini,'" katanya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini