Elon Musk Bagikan Kisah Titik Terendah Hidupnya 12 Tahun Lalu

Elon Musk Bagikan Kisah Titik Terendah Hidupnya 12 Tahun Lalu Foto: Reuters/Aaron P. Bernstein

Pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk kini merupakan miliarder ternama versi Forbes dengan kekayaan USD66,2 miliar (Rp964 triliun). Namun, ternyata Elon Musk pernah hampir bangkrut 12 tahun lalu.

Keadaan Tesla dan SpaceX pada tahun 2008 benar-benar tidak menguntungkan. Ibaratnya, maju kena mundur kena. Segala cara yang akan ia lakukan saat itu bisa saja mematikan Tesla dan SpaceX.

Baca Juga: Elon Musk Tak Ingin Tesla Jadi Terlalu Menguntungkan, Kenapa?

"2008 merupakan tahun yang benar-benar sulit. Roket Falcon 1 gagal meluncur untuk ketiga kalinya. Tesla pun hampir bangkrut hanya dua hari sebelum Natal," ujarnya.

Pada saat itu, ia mengaku hanya memiliki USD 40 juta. Elon pun mengatakan dirinya dibuat pusing bagaimana uang itu harus digunakan, karena langkah apapun seakan membawanya menuju kehancuran.

"Saya bisa menempatkan semua uang itu ke satu perusahaan dan yang satunya akan mati. Atau, saya bisa membaginya secara rata untuk SpaceX dan Tesla, lalu kemudian keduanya akan benar-benar mati," katanya.

Akhirnya, ia pun menempatkan uangnya secara merata ke SpaceX dan Tesla.

"Karena membangun sesuatu ibarat memiliki bayi, tidak bisa memilih. Untungnya keduanya bisa melewati masa sulit hingga saat ini," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini