Pengusaha Nilai RUU Cipta Kerja Jawaban Tantangan Ekonomi Global

Pengusaha Nilai RUU Cipta Kerja Jawaban Tantangan Ekonomi Global Foto: Ning Rahayu

Wakil Ketua Umum BPP Hipmi, Anggawira menyatakan RUU Cipta Kerja dapat mendukung Indonesia dalam menghadapi tantangan perekonomian global. Dia menilai RUU Cipta Kerja dapat menghadirkan aturan yang komprehensif.

“Dalam kondisi kompetisi yang begitu tinggi, penting adanya speed, kecepatan. Kecepatan ini memang harus didukung oleh suatu regulasi yang komprehensif,” ujar Anggawira saat dihubungi, Senin (27/7/2020).

Baca Juga: Mahfud MD: Omnibus Law Ciptaker Bisa Basmi Suap

Anggawira menuturkan tantangan Indonesia sangat banyak, salah satuny membuat investasi berjalan dengan baik. Sebab, dia berkata investasi dapat membuka unit usaha baru dan menciptakan lapangan kerja.

Anggawira menyebut proses transisi dari Orde Baru yang pada waktu itu sangan sentralistik menjadi desentralistik menyisakan banyak pekerjaan rumah. Salah satu hal yang harus diperbaiki adalah regulasi.

“Artinya dari satu sisi memang kita berharap desentralisasi ini mampu melahirkan unit-unit pertumbuhan baru. Tapi, dalam faktual pelaksanannya dilapangan ini saya lihat juga mengakibatkan tumpang tindih daripada aturan,” ujarnya.

Di sisi lain, Anggawira berkata Indonesia harus lebih cepat agar dapat bersaing dengan negara lain. Hal itu, kata dia bisa terwujud jika Indonesia memiliki regulasi komprehensif.

Lebih dari itu, dia berharap RUU Cipta Kerja dapat menciptakan interloneksi dengan stekholder yang lain.

“Dalam arti misalnya konteks pembiayaan, dalam kontesk perbankan ini harapan saya ini bisa menjadi jembatan,” ujar Anggawira.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini