Perang Israel Vs Iran di Depan Mata, Rupanya yang Terkuat...

Perang Israel Vs Iran di Depan Mata, Rupanya yang Terkuat... Foto: Reuters/Mohamad Torokman

Ketegangan antara Iran dan Israel kemungkinan besar bisa berujung konfrontasi militer alias perang. Garda Revolusi Iran (IRGC) yang terus menujukkan taringnya kepada negara-negara Barat, mendapat tentangan dari Israel yang merupakan sekutu Amerika Serikat (AS) yang berambisi menghentikan program senjata nuklir Negeri Mullah.

Pekan lalu, sebuah insiden terjadi di Natanz, ibukota provinsi Isfahan, Iran. Menurut data yang dikutip dari Teheran Times, sebuah ledakan terjadi di kawasan tersebut dan menghancurkan sebuah fasilitas nuklir milik Iran.

Baca Juga: Pilot Pesawat Iran Lakukan Manuver untuk Hindari Jet Tempur AS

Seketika, Iran langsung mencurigai Israel sebagai dalang dari insiden ini. Dalam laporan lain yang dikutip dari media Jerman, Frankfurter Allgemeine Zeitung (FAZ), ada dugaan bahwa agen Israel memang sudah merencanakan peledakan sejak 17 tahun.

Kabarnya, rencana ini mulai disusun matang oleh Meir Dagan saat masih menjabat Direktur Mossad periode 2002 hingga 2011.

Tak cuma itu, kemarahan Iran juga dipicu oleh ambisi Israel untuk mencaplok wilayah Tepi Barat, Palestina. Solidaritas sesama negara Islam mematik semangat Iran untuk membela rakyat Palestina dan mengambil sikap tegas untuk membantai orang-orang Yahudi Israel.

Israel tak tinggal diam. Akhir Mei lalu, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengancam jika ada tindakan yang membahayakan penduduk, maka Israel juga akan mengambil sikap tegas.

Di sisi lain, Israel yang tengah terlibat konflik dengan kelompok Hizbullah Lebanon juga mencium adanya campur tangan Iran. Perseteruan di perbatasan utara Israel, khususnya di wilayah Dataran Tinggi Golan, hingga membuat Amerika risau.

Buktinya, Panglima Angkatan Bersenjata AS, Jenderal Mark Alexander Milley terbang ke Tel Aviv secara mendadak, untuk membicarakan masalah ini.

Sederet fakta tersebut kian menambah keyakinan sejumlah pihak bahwa perang antara Iran dan Israel semakin dekat. Lantas, bagaimana peta kekuatan militer kedua negara? Siapakah yang lebih kuat, Iran atau Israel?

Mengutip sejumlah data dari Global Firepower untuk mengetahui kekuatan Garda Revolusi Iran (IRGC) dan Tentara Pertahanan Israel (IDF), di semua sektor. Dari segi peringkat kekuatan, ternyata Iran jauh berada di atas Israel.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini