Mantap, Jet Tempur Rusia Sukses Cegat dan Usir Pesawat Intai AS

Mantap, Jet Tempur Rusia Sukses Cegat dan Usir Pesawat Intai AS Foto: Reuters/Maxim Shemetov

Insiden pengusiran pesawat mata-mata militer Amerika Serikat (AS) oleh jet tempur Rusia terjadi lagi. Setelah dua pekan lalu terjadi di Laut Jepang, kali ini pesawat tempur Sukhoi Su-27 Angkatan Udara Rusia beraksi lagi di wilayah udara Laut Hitam.

Menurut laporan Kantor Berita Rusia, TASS, peristiwa penghadangan pesawat intai Angkatan Laut Amerika (US Navy) terjadi di Laut Hitam Jumat (24/7/2020).

Baca Juga: Awas, Rusia Pamerkan Rudal Nuklir Hipersonik Kecepatan Suara

Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia menjelaskan, satu unit jet tempur Sukhoi Su-27 dari pasukan udara reaksi cepat Distrik Militer Selatan dikerahkan usai mengetahui ada pesawat masuk secara ilegal. Informasi ini didapat setelah sistem kontrol wilayah udara Rusia mendeteksi pesawat tersebut adalah P-8A Poseidon.

"Sebuah pesawat tempur Sukhoi Su-27 dari pasukan siaga reaksi cepat pertahanan udara Distrik Militer Selatan, bergegas untuk menghadang target," bunyi pernyataan Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia.

Usai berhasil mengusir pesawat mata-mata Amerika, jet tempur Sukhoi Su-27 langsung kembali ke pangkalan udara militer dekat perbatasan Rusia. Otoritas keamanan Rusia itu memastikan, penerbangan jet tempur Sukhoi Su-27 sesuai dengan regulasi internasional penerbangan wilayah udara.

"Seluruh penerbangan pesawat Su-27 berjalan sesuai dengan aturan internasional penggunaan wilayah udara," lanjut pernyataan Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia.

Peristiwa penghadangan dan pengusiran pesawat intai P-8A Poseidon ini adalah yang kedua kalinya terjadi, hanya dalam waktu dua minggu. Sebelumnya, pesawat tempur Sukhoi Su-27 juga dikerahkan saat mengusir pesawat intai P-8A Poseidon di Laut Jepang.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini