Malaysia Aja Mau Lockdown Lagi Kalau Kasus Capai 100 Sehari!

Malaysia Aja Mau Lockdown Lagi Kalau Kasus Capai 100 Sehari! Foto: Reuters/Lim Huey Teng

Pemerintah Malaysia mengatakan siap untuk kembali menerapkan karantina wilayah (lockdown). Hal itu akan dilakukan jika kasus baru Covid-19 melebihi seratus per hari.

"Jika (kasus baru Covid-19) mencapai tiga digit, kami tidak punya pilihan selain memperkenalkan kembali MCO (Movement Control Order) dan kami akan melihat," kata Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob pada Ahad (26/7), dikutip lamanĀ the Sraits Times.

Dia tak menampik bahwa penerapan kembali MCO akan menyulitkan kegiatan masyarakat, termasuk mereka yang ingin bekerja. "Tapi langkah ini harus diambil," ujarnya.

Baca Juga: Kabar Buruk, Indonesia Masih Jauh Kalah dari Malaysia

Ismail berpendapat meningkatnya kasus baru Covid-19 di negaranya terjadi karena adanya faktor kepuasan masyarakat. "Ini karena publik sudah lupa apa yang perlu dilakukan ketika kita meringankan prosedur operasi standar dan jumlah kasus mulai meningkat lagi," ucapnya.

Pada Sabtu (25/7) lalu, Malaysia melaporkan 23 kasus baru Covid-19. Jumlahnya meningkat dua kasus dibandingkan hari sebelumnya. Sementara pada Kamis (23/7), Malaysia hanya mencatatkan sembilan kasus baru. Pada Rabu (22/7) jumlahnya lebih besar yakni mencapai 16 kasus.

Malaysia mulai menerapkan MCO di sebagian besar wilayahnya pada 18 Maret. MCO berlangsung selama tiga bulan. Saat MCO diberlakukan, warga diizinkan keluar rumah jika memiliki keperluan penting atau mendesak, seperti berobat dan berbelanja kebutuhan logistik.

Baca Juga: Karena Bisnis, Singapura dan Malaysia Kembali Buka Perbatasan

Mereka yang bekerja di sektor-sektor penting, terutama kesehatan, juga diperkenankan meninggalkan rumah. Pada 4 Mei, beberapa bisnis diizinkan beroperasi kembali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kemudian pada 10 Juni, hampi seluruh sektor, termasuk pendidikan dan agama, diperkenankan melanjutkan kembali kegiatannya secara bertahap. Pemerintah pun mengizinkan perjalanan antara 13 negara bagian.

Saat berita ini ditulis, kasus Covid-19 di Malaysia mencapai 8.884 dengan 123 kematian.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini