Achmad Purnomo Positif Covid Usai Temui Jokowi, Istana Putuskan..

Achmad Purnomo Positif Covid Usai Temui Jokowi, Istana Putuskan.. Foto: Antara/Budi Candra Setya

Istana Kepresidenan berkeputusan mengurangi jumlah orang yang bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Langkah ini diputuskan untuk mengantisipasi penyebaran virus korona (Covid-19). Kendati demikian, kebijakan tersebut tidak akan mengurangi intensitas kerja Presiden.

Pengurangan tamu Presiden ini merupakan respons atas laporan Wakil Wali Kota Sol, Achmad Purnomo, yang dinyatakan positif Covid-19. Padahal, pekan lalu Purnomo bertamu ke Istana untuk bertemu Presiden Jokowi.

Baca Juga: Achmad Purnomo Positif Covid, Agenda Politik Gibran Kena Getahnya

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, menjelaskan bahwa selama pandemi corona jumlah orang yang bertatap muka dengan Presiden Jokowi sebenarnya sudah dikurangi. Namun, dengan ada kasus tersebut jumlahnya akan kurangi lagi. 

”Contohnya setiap bertemu dengan warga. Tadi sore, misalnya, pukul 3.00 di Bogor ada 30 (orang), mungkin akan kami pikirkan kami kurangi jadi 20 orang. Dengan jarak yang mungkin agak lebih jauh lagi,” ujarnya kemarin.

Heru memastikan selama masa pandemi Istana menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam menerima tamu. Protokol dimaksud mulai dari keharusan rapid test, menggunakan masker, dan jaga jarak. Selain itu, Istana melakukan sterilisasi ruangan. Sebelum digunakan Presiden Jokowi, ruangan tidak boleh digunakan dan disterilkan dengan sinar ultraviolet.

Baca Juga: Gara-Gara Batik Air, Marzuki Alie Ngadu ke Jokowi

”Contoh, sebuah ruangan yang setiap hari digunakan Presiden untuk bekerja atau bertemu dengan masyarakat dan pejabat, paginya kami sterilisasi. Termasuk dengan menggunakan ultraviolet. Itu tiga jam sebelum dipakai. Misalnya Bapak Presiden akan bekerja sehari-hari di Istana Negara, berarti pukul 6.00 pagi kami lakukan sterilisasi dan orang tidak boleh masuk,” ucapnya.

Kemarin, Wakil Wali Kota Solo, yakni Achmad Purnomo dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Kepastian ini diperoleh setelah hasil swab test melalui PCR keluar. Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) yang dikonfirmasi membenarkan Achmad Purnomo positif Covid-19.

“Pertama hasilnya (swab) masih abu-abu, yang kedua positif,” jawabnya kemarin. 

Menurut Rudy, semua yang ada kontak erat dengan Purnomo dijadwalkan menjalani swab test. Rudy juga dijadwal melakukan swab test Sabtu ini di Loji Gandrung karena dia dalam beberapa kesempatan terakhir berkegiatan dengan Purnomo.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini