PKS ke Pemerintah: Harus Dipelototi Uji Klinis Vaksin Asal China

PKS ke Pemerintah: Harus Dipelototi Uji Klinis Vaksin Asal China Foto: Viva

Rencana pemerintah mendatangkan vaksin Covid-19 dari China mendapat tanggapan luas dari masyarakat. Di media sosial marak disuarakan kekhawatiran atas keamanan vaksin yang akan diuji klinis awal Agustus 2020.

Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Mulyanto, mengingatkan agar pemerintah berhati-hati melakukan berbagai tahapan uji klinis dan memastikan prosesnya aman.

"Pemerintah harus mengawasi dengan serius uji klinis vaksin Covid-19 yang dikembangkan perusahaan Sinovac Biotech asal China yang bekerja sama dengan BUMN Bio Farma. Harus dipelototi betul proses uji klinis vaksin ini," kata Mulyanto kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fase 3 di Bandung Butuh Proses

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI itu menganggap wajar jika masyarakat khawatir atas keamanan vaksin Covid-19 ini sebab masyarakat di negara tempat vaksin ini diproduksi saja hal itu mendapat penolakan.

Kekhawatiran itu, kata Mulyanto, bisa jadi muncul karena pemerintah kurang memberikan informasi yang tepat seputar vaksin yang akan diproduksi massal. Di saat yang sama beredar berita kurang baik mengenai vaksin 'made in China' itu sehingga tak mengherankan jika masyarakat khawatir, bahkan takut, untuk terlibat dalam proses uji klinisnya.

"Meskipun kita sangat membutuhkan vaksin corona tersebut, tetap saja kita perlu menerapkan asas kehati-hatian. Tetap harus proporsional, profesional, dan rasional-objektif," kata Mulyanto.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini