Sandiaga Uno Jadi Pengusaha Gara-Gara Kecelakaan

Sandiaga Uno Jadi Pengusaha Gara-Gara Kecelakaan Foto: Viva

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyampaikan pesan agar masyarakat jangan takut menjadi seorang pengusaha. Bagi Sandi, pesan ini penting agar masyarakat tak takut mencoba di tengah pandemi Covid-19.

Menurut dia, dalam menjalani wirausaha harus berani gagal dan terus ikhtiar mencoba. Meski, ia tak menampik menjalankan wirausaha di saat krisis karena pandemi ini punya tantangan berbeda. Ia bilang pengalaman masa lalunya mesti gagal puluhan kali sebelumnya akhirnya mencapai kemapanan seperti sekarang.

"Saya yakin ada masalah di setiap anak tangga untuk menuju kesuksesan dan kita pasti akan gagal. Gagalnya itu mungkin harus gagal 10-20 kali," kata Sandi, belum lama ini.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Usaha di Indonesia dalam Survival Mode

Sandi mengingatkan proses jadi tahapan penting bagi seorang enterpreneur. Tak ada yang instan dan terjadi dalam sekejap. Ia pun mencontohkan CEO Halodoc, Jonathan Sudharta, yang harus jatuh bangun dan gagal hingga ratusan kali.

"Dia bangkit 201 kali. Jadi, itulah bagian dari usaha kita mencoba menggapai kesuksesan. Tidak ada sukses yang instan," jelas Sandi.

Pun, ia mengingatkan memang setiap menjalankan usaha pasti ada kesulitan. Namun, hal itu yang menjadi seorang entrepreneur mesti mencari inovasi untuk menuju keberhasilan. Kata dia, proses jatuh bangun pernah dialaminya. Awalnya ia sering mengalami kegagalan saat memulai merintis usaha pada akhir 1997.

Sandi yang awalnya seorang profesional namun di-PHK pun terpaksa membangun usaha bersama rekannya. Usaha awalnya diawali dari tiga orang karyawan. Tapi, secara perlahan, ia bisa membangun perusahaan investasi yang membesarkannya saat ini.

"Saya ini jadi pengusaha secara kecelakaan karena saya di PHK di tahun 1997. Akhirnya saya by accident (terpaksa) masuk sebagai pengusaha," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini