Pemboikot Iklan di Facebook: Setop Cari Cuan Pakai Kebencian!

Pemboikot Iklan di Facebook: Setop Cari Cuan Pakai Kebencian! Foto: Reuters/Charles Platiau

Kelompok hak-hak sipil di balik boikot iklan Facebook merilis video animasi khusus untuk Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Apa isi video itu?

Di dalam video tersebut, para aktivis kampanye Stop Hate for Profit menyampaikan kalau gerakan boikot mereka tak akan hilang. 

"Anda tak bisa membuat kami menunggu, kampanye ini tak akan hilang," ujar CEO Anti Defamation League, Jonathan Greenblatt, seperti dilansir dari USA Today, Jumat (24/7/2020).

Baca Juga: Gegara Boikot Iklan, Facebook Kehilangan Cuan Jutaan Dolar

Baca Juga: Habis Inggris, Jerman Mulai Kode Mau Ikut Boikot Huawei? Kata ...

Video itu juga menggambarkan sikap Zuckerberg yang tak mau mengambil tindakan terhadap penyebaran kebencian rasial dan supremasi kulit putih.

Awal video itu berbunyi, "Mark yang terhormat, ada sejumlah hal yang kami sukai dari Facebook. Tapi ada sisi yang lebih jahat dari Facebook, yang menyebarkan kebencian, rasisme, disinformasi, dan memberi ruang komunikasi bagi para ekstrimis."

Menurut Greenblatt, masalah itu tak akan selsai jika Facebook terus mengambil untung dari kebencian. Para inisiator gerakan pun berpikir demikian.

Sekitar 1.100 pengiklan, termasuk Walt Disney, Harley Davidson, Novartis, dan Blue Bottle Coffee; berhenti memasang iklan di Facebook dan Instagram selama Juli. Beberapa pengiklan lain menarik biaya iklannya hingga akhir tahun.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini