Bebaskan Sandera, Aksi Presiden Ukraina Layaknya Aktor Hollywood

Bebaskan Sandera, Aksi Presiden Ukraina Layaknya Aktor Hollywood Foto: Reuters

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky terlibat dalam pembebasan 13 sandera di sebuah bus di kota Kota Lutsk, Selasa malam waktu setempat (21/7/2020). Bak aktor Hollywood, melalui telepon, Zelensky bernegosiasi dengan penyandera yang diketahui bernama Maksym Kryvosh.

Dalam drama penyanderaan selama 12 jam itu, polisi sempat kesulitan bernegosiasi, sebelum Zelensky turun tangan langsung. Tak seperti kasus penyanderaan yang meminta tebusan atau pembebasan rekannya, penyandera meminta Zelensky mempromosikan film dokumenter. Film berjudul Earthlings ini diproduksi 2005 dan dibintangi salah satu aktor Hollywood, Joaquin Phoenix.

Baca Juga: Terkuak Pesawat Maskapai Ukraina Ditembak Jatuh Iran karena...

Temanya soal perlakuan kasar manusia terhadap hewan. Oleh pembajak, Zelensky diminta merekam video pendek untuk diposting di Facebook, menyerukan orang-orang untuk menonton film tersebut.

Sebelum memenuhi tuntutan itu, Zelensky meminta pelaku membebaskan tiga sandera. Salah satunya wanita hamil. Permintaannya, Zelensky lantas membuat video.

“Film tahun 2005. Semua orang harus menontonnya,” ucapnya dalam video berdurasi enam detik itu.

Berikutnya, Zelensky berunding dengan penyandera melalui saluran telepon selama 10 menit. Orang nomor satu di Ukraina itu berhasil meyakinkan penyandera agar membebaskan seluruh sandera.

Sekitar satu jam kemudian, sandera-sandera lainnya ikut dibebaskan. Terakhir, pelaku ditangkap. Tayangan video menunjukkan pasukan keamanan mengepung seorang pria yang terlungkup di atas trotoar di dekat bus, dengan tangannya di belakang. Saat ini pelaku sedang diselidiki dengan tuduhan teror.

Berkat bantuan Zelensky, kepolisian Ukraina berhasil membebaskan 13 penumpang bus. Tak cuma itu, pelaku penyanderaan berhasil ditangkap.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini