Bikin Bangga! RI Siap Duduk di Kursi Pimpinan Dewan Keamanan PBB

Bikin Bangga! RI Siap Duduk di Kursi Pimpinan Dewan Keamanan PBB Foto: Twitter/@Menlu_RI

Indonesia kembali mendapat giliran menjadi ketua Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Kali ini, tema yang diusung adalah memajukan perdamaian yang abadi.

"Ini adalah presidensi Indonesia yang kedua setelah Mei 2019 kita memegang presidensi DK PBB dengan tema investing in peace atau menabur benih perdamaian. Kali ini, temanya tidak jauh berbeda, yakni advancing suistanable peace atau memajukan perdamaian yang abadi," ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers daring, Kamis (23/7/2020). 

Baca Juga: RI Sukses Bebaskan WNI dari Vonis Mati, Menlu: Alhamdulillah

Menurut Retno, perdamaian bukan sesuatu yang dapat hadir dengan sendirinya, melainkan harus disemai dan dipelihara secara terus-menerus.

"Yang membedakan presidensi tahun lalu, presidensi tahun ini dijalankan di tengah pandemi Covid-19," kata Retno. 

Retno menegaskan bahwa Indonesia ingin menekankan bahwa pada saat hampir semua energi dan perhatian dunia berpusat pada upaya penanganan pandemi, mereka tidak boleh lupa pada agenda perdamaian dunia. 

"Sebab, perdamaian tetap merupakan prasyarat utama menangani pandemi dan percepatan pemulihan ekonomi," tegas Retno. 

Selama masa presidensi kali ini, Indonesia akan melakukan tiga pertemuan. Di antaranya, pembahasan tentang terorisme dan kejahatan terorganisasi pada 6 Agustus. Pertemuan akan membahas laporan perdana sekjen PBB mengenai penanggulangan terorisme dan kejahatan lintas batas.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini