Agresif, Jet F-15 AS Cegat Pesawat Iran Berpenumpang 150 Orang

Agresif, Jet F-15 AS Cegat Pesawat Iran Berpenumpang 150 Orang Foto: Wikimedia Commons

Dua pesawat jet tempur Amerika Serikat (AS) melakukan pencegatan agresif di dekat pesawat penumpang Iran pembawa 150 orang yang terbang melewati wilayah udara Suriah pada hari Kamis. Empat penumpang terluka dalam insiden ini.

Laporan awal media-media Timur Tengah menyebut jet tempur Israel sebagai biang keladinya. Namun, militer Israel membantahnya.

Baca Juga: Karena Alasan Ini, Iran Buru-buru Ciptakan Jet Tempur Sendiri

Mengutip laporan Islamic Republic of Iran Broadcasting (IRIB), Jumat (24/7/2020), Penerbangan Mahan Air 1152 sedang dalam perjalanan ke Beirut, Lebanon, dari Teheran, Iran. Pesawat penumpang ini tiba-tiba didekati oleh dua pesawat yang mengidentifikasi diri mereka sebagai pesawat Amerika.

IRIB awalnya melaporkan hanya satu pesawat, yang diduga milik Israel. Namun, media ini kemudian mengklarifikasi bahwa lebih dari satu jet tempur yang terlibat dalam tindakan berbahaya ini.

Aksi dua jet tempur AS itu memaksa pilot pesawat Mahan Air bertindak cepat untuk menurunkan ketinggian guna menghindari tabrakan.

Media lainnya, Al-Hadath, melaporkan empat penumpang terluka. Pemerintah Lebanon mengonfirmasi ada 150 orang di dalam pesawat Mahan Air.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) merilis pernyataan pada Kamis malam yang membantah klaim bahwa pesawat yang mengadang Mahan Air milik Israel.

Sementara itu, media Suriah melaporkan ada dua pesawat yang mencegat Mahan Air, yang merupakan bagian dari koalisi internasional pimpinan AS. Pencegatan itu terjadi di dekat pangkalan terpencil di Tanf di Suriah tenggara yang dikontrol AS.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini