Apa Itu Non-operating Expense?

Apa Itu Non-operating Expense? Foto: Unsplash/Stefan

Non-operating expense adalah biaya non-operasional dari biaya bisnis yang tidak terkait dengan operasi inti. Jenis pengeluaran non-operasional yang paling umum adalah biaya bunga dan kerugian atas disposisi aset. 

Akuntan terkadang menghapus pengeluaran non-operasional dan pendapatan non-operasional untuk memeriksa kinerja bisnis, mengabaikan efek pembiayaan dan masalah tidak relevan lainnya.

Dilansir dari Investopedia di Jakarta, Jum'at (24/7/2020 non-operating expense adalah istilah akutansi yang biasa digunakan untuk menjelaskan pengeluaran yang terjadi di luar kegiatan sehari-hari perusahaan.

Baca Juga: Apa Itu Prepaid Expense?

Jenis-jenis pengeluaran ini termasuk biaya bulanan seperti pembayaran bunga atas hutang tetapi juga dapat mencakup biaya satu kali atau tidak biasa.

Misalnya, perusahaan dapat mengkategorikan biaya yang timbul dari restrukturisasi, reorganisasi, biaya dari pertukaran mata uang, atau biaya pada persediaan usang sebagai biaya non-operasional.

Biaya non-operasional dicatat di bagian bawah laporan laba rugi perusahaan. Tujuannya adalah untuk memungkinkan pengguna laporan keuangan untuk menilai aktivitas bisnis langsung yang muncul di bagian atas laporan laba rugi saja. Penting bagi prospek masa depan bisnis agar operasi bisnis intinya menghasilkan laba.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini