Jokowi: Jika Sukses, Bio Farma Produksi Vaksin 100 Juta Dosis

Jokowi: Jika Sukses, Bio Farma Produksi Vaksin 100 Juta Dosis Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa negara siap memproduksi vaksin corona secara massal. Diproyeksi untuk awal tahun depan, vaksin bakal diuji coba dulu kepada 1.000 lebih sukarelawan.

"Kita akan melaksanakan uji klinis vaksin Covid-19 tahap ketiga dengan melibatkan 1.620 sukarelawan," kata Jokowi melalui akun Twitter miliknya @Jokowi.

Baca Juga: Ihwal Vaksin Corona, Kalbe Farma: Sudah Masuk Uji Klinis Tahap 2

Jokowi memastikan uji klinis berikut produksinya kelak bakal didampingi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Artinya, ketika vaksin layak edar, dipastikan sudah melewati standar proses dan protokol kesehatan.

"Mendapat pendampingan secara ketat oleh BPOM," kata dia.

Jokowi berjanji, jika riset vaksin berhasil maka BUMN Bio Farma bakal memproduksi lebih banyak. Sekadar diketahui, uji klinis vaksin corona buatan Indonesia telah memasuki tahap tiga setelah didatangkan dari perusahaan farmasi asal China, Sinovac.

“Apabila berhasil, BUMN Bio Farma siap memproduksi vaksin ini dengan kapasitas 100 juta dosis per tahun," pungkas Jokowi.

 

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini