Desmond: Sudah Hampir Pasti, Ada Ojek Antar Djoko Tjandra

Desmond: Sudah Hampir Pasti, Ada Ojek Antar Djoko Tjandra Foto: Viva

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa merespons kasus Djoko Tjandra yang kembali mencuat belakangan. Desmon heran Djoko Tjandra sebagai buron kelas kakap atas kasus korupsi Bank Bali berhasil keluar masuk Indonesia tanpa khawatir untuk dijebloskan ke penjara.

Bahkan, Djoko justru mendapat pelayanan yang sangat eksklusif dari aparat penegak hukum maupun birokrat di negeri ini. Mulai dari pembuatan KTP elektronik dan paspor, surat jalan dari Brigjen Polisi Prasetyo Utomo, hingga mengajukan peninjauan kembali (PK) melalui kuasa hukum.

Baca Juga: Rocky Gerung: Jokowi Kena Prank Djoko Tjandra

Peristiwa ini, menurut Desmond, telah mencabik-cabik kewibawaan hukum dan keadilan di Indonesia. Sebab, kasus ini tidak bisa dipandang sebagai akibat kelalaian semata, tetapi mesti disikapi dengan berpijak pada premis adanya unsur kesengajaan dan kongkalikong.

"Sudah hampir pasti, keluar masuknya Djoko dengan mudah karena ada yang memfasilitasinya. Ada pembantu ojek yang mengantarkannya," kata Desmond kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Sangat dikhawatirkan apabila masuknya Djoko Tjandra ke Indonesia ini sudah menjadi bagian dari skenario para pejabat birokrat maupun penegak hukum di Indonesia. Sebab, Desmond mensinyalir kuat dugaan adanya cipta pra kondisi mulai dari pembuatan KTP elektronik dan paspor, pengajuan PK, hingga surat jalan dari kepolisian.

"Ketika unsur aparat Kepolisian diduga terlibat, Kejaksaan, Imigrasi, Kemenkumham, serta Kemendagri sepertinya 'kompak membela' Djoko Tjandra maka publik pasti akan bertanya-tanya. Mungkinkah bebas keluar masuknya Djoko Tjandra ke Indonesia hanya kebetulan belaka, difasilitasi oleh oknum pejabat yang menjadi ojek-ojek pengantar karena tergiur uangnya," kata pria yang juga politikus Partai Gerindra ini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini