Kenapa Sih AS Ngotot Minta China Tutup Konsulatnya? Ketahuan...

Kenapa Sih AS Ngotot Minta China Tutup Konsulatnya? Ketahuan... Foto: REUTERS/Jason Lee

Amerika Serikat (AS) menuding para diplomat China membantu spionase ekonomi dan upaya pencurian penelitian ilmiah. Hal ini diduga menjadi latar belakang Washington secara mendadak memerintahkan agar kantor konsulat China di Houston ditutup.

David R. Stilwell yang mengawasi kebijakan untuk Asia Timur dan Pasifik di Departemen Luar Negeri mengatakan, konsulat China di Houston memiliki sejarah terlibat dalam perilaku subversif dan pusat pencurian penelitian di AS.

Baca Juga: Memanas, AS Perintahkan China Tutup Konsulat di Houston karena...

Dia mengatakan, konsul jenderal, Cai Wei dan dua diplomat lainnya tertangkap menggunakan identitas palsu untuk mengawal para turis asal China pada 31 Mei ke area gerbang penerbangan charter dari Bandara George Bush International.

Stilwell menambahkan, beberapa percobaan pencurian oleh China di AS telah meningkat selama enam bulan terakhir. Ini dapat dikaitkan dengan upaya pengembangan vaksin untuk virus Corona. Namun Stilwell tidak dapat membuktikannya.

Dokumen setebal tujuh halaman yang disusun oleh pejabat penegak hukum Amerika, dan didapatkan oleh New York Times menguraikan investigasi FBI terkait pergerakan di konsulat China di Houston. Pergerakan tersebut termasuk upaya mentransfer penelitian medis dan informasi sensitif lainnya. 

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan, pemerintahan Presiden Donald Trump memperingatkan China bahwa AS dapat mengambil tindakan tegas untuk melindungi kepentingannya.

FBI telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk seorang mahasiswa dan peneliti Cina, Tang Juan yang mencari perlindungan di konsulat San Fransisco.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini