Dahlan Iskan: Bencana Besar Kok Tak Hasilkan Terobosan Besar?

Dahlan Iskan: Bencana Besar Kok Tak Hasilkan Terobosan Besar? Foto: Sufri Yuliardi

Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2011-2014 Dahlan Iskan menyayangkan absennya terobosan besar di kala pandemi Covid-19 melanda.

Menurut Dahlan, seharusnya bencana besar berperan sebagai stimulan untuk menemukan terobosan yang lebih besar.

"Teguran dari Tuhan ini seakan kita sia-siakan kalau kita tidak menemukan terobosan besar di masa sulit ini. Seakan-akan masa sulit ini lewat begitu saja, tanpa kita manfaatkan untuk menciptakan sebuah terobosan," ujar Dahlan dalam webinar di Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga: Tak Seimbangkan Kesehatan & Ekonomi, RI Jatuh ke Jurang Resesi

Ia berharap, dengan dibentuknya Komite Baru Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di bawah komando Erick Thohir, akan lahir sebuah terobosan besar yang menjadi monumen penting sebagai pengingat bangsa akan pandemi Covid-19.

"Saya berharap sekali, tentu, selama ini kita sudah tahu, dengan birokrasi yang ada, tidak ada terobosan yang kita bisa saksikan sebagai terobosan besar. Sehingga, Pak Presiden merasa bahwa sayang sekali kalau bencana besar tidak menghasilkan terobosan besar," tambah Dahlan.

Menurut dia, semua infrastruktur legal sudah disiapkan dengan demikian pemerintah seharusnya bisa melakukan apa saja, terlebih DPR sudah tutup mata.

"Harusnya momen DPR yang tutup mata saat pemerintah mau ngapain aja, bisa dimanfaatkan. Kenapa tidak ada terobosan besar? Jangan sampai pandemi lewat, dan tidak ada terobosan besar sama sekali," pungkas Dahlan.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini