Pedang-pedang Legendaris Sepanjang Sejarah Manusia

Pedang-pedang Legendaris Sepanjang Sejarah Manusia Foto: Getty Images/Hulton Archive/Chris Ware

Selama ribuan tahun, senjata tajam seperti pedang, pisau, dan belati adalah senjata pilihan bagi para pejuang di seluruh dunia. Pisau tajam ini menginspirasi ketakutan dan ketertarikan dan membantu mengubah arah kampanye militer.

Dalam beberapa kasus, senjata individu bahkan diberi nama dan menjadi sama legendarisnya dengan orang yang menggunakannya.

Berikut ini 6 pedang legendaris dalam sejarah yang proses pembuatannya ditempa dengan sempurna, seperti dikutip Warta Ekonomi dari laman History, Kamis (23/7/2020),

1. Khopesh

Khopesh. (Credit: Dbachmann/Wikimedia Commons/CC BY-SA 3.0)

Salah satu yang paling berpengaruh dari pedang awal yang muncul selama Zaman Perunggu adalah khopesh. Kopesh merupakan senjata Mesir kuno yang menampilkan bilah berkait tajam di tepi luarnya. Pedang berbentuk sabit ini biasanya ditempa dari perunggu dan diyakini telah mencapai Mesir melalui Timur Tengah.

Selama periode Kerajaan Baru, mereka menjadi senjata militer umum dan dihargai karena kemampuan menebas yang mengerikan dalam pertempuran jarak dekat. Khopesh juga dihadirkan saat seremonial dan sering digambarkan dalam seni atau dimasukkan ke dalam makam orang Mesir terkemuka.

Firaun Tutankhamun, misalnya, dimakamkan dengan dua pedang sabit dengan ukuran berbeda. Khopesh akhirnya ditinggalkan demi pedang yang lebih tradisional sekitar abad ke-12 SM, tetapi tidak sebelum itu menjadi salah satu senjata paling ikonik dari Mesir kuno.

2. Kukri

Polished_kukri.jpg

Selama berabad-abad, bilah pendek yang melengkung ke dalam ini telah menjadi alat dan senjata tradisional di Nepal. Orang Eropa pertama kali terpesona dengan kukri pada awal 1800-an, ketika pasukan British East India Company (EIC) bentrok dengan prajurit Gurkha Nepal dalam perang berdarah.

Kecakapan penduduk setempat dengan pedang —termasuk kemampuan mereka untuk memenggal anggota badan atau mengeluarkan kuda dengan satu pukulan— membujuk Inggris untuk mendaftarkan mereka sebagai pasukan sukarelawan dalam pasukan mereka. Gurkha kemudian memantapkan diri sebagai salah satu unit militer terberat di dunia, dan pisau dinas mereka dihargai karena bentuknya yang khas, bilah yang seimbang dan kekuatan memotong dan menebas yang unggul.

Hingga hari ini, kukri tetap menjadi senjata standar untuk masalah Gurkha dan berfungsi sebagai lambang Brigade Gurkha Inggris, yang seluruhnya terdiri dari rekrutmen Nepal.

3. Falcata

image-placeholder-title.webp

Falcata adalah pedang melengkung dengan panjang 2 kaki yang digunakan oleh prajurit Celtiberia di Spanyol kuno. Dibuat dari besi atau baja berkualitas tinggi, bilahnya yang unik bermata tunggal di dekat gagang dan bermata dua di dekat titik dan dirancang untuk menggabungkan kekuatan memotong kapak dengan kemampuan menebas pedang.

Falcata paling terkenal dikaitkan dengan Jenderal Kartago Hannibal, yang melengkapi pasukan Afrika-nya dengan itu selama Perang Punisia melawan Roma. Menurut beberapa sejarawan, keefektifan pedang dalam pertempuran jarak dekat mungkin telah memainkan peran dalam kemenangan besar Hannibal atas Romawi di Pertempuran Cannae 216 SM.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini