Industri Hiburan Daring Raup Untung Selama Pandemi

Industri Hiburan Daring Raup Untung Selama Pandemi Foto: Unsplash/Rawpixel

Pandemi Covid-19 mengubah gaya hidup masyarakat. Ini dapat memacu perkembangan industri hiburan dalam jaringan (daring) atau online seperti film atau serial secara online, musik, atau podcast, dan platform game online.

Hal itu terungkap dalam survei bertajuk "New Normal Survey" yang dilakukan perusahaan riset Nielsen Indonesia dan dirilis pada Rabu (22/7/2020) di Jakarta. Tujuan dari survei ini untuk mengetahui perubahan perilaku selama pandemi dan bagaimana setelah Covid-19 berakhir.

Baca Juga: Mengelola Infrastruktur Digital dalam Adaptasi Kebiasaan Baru

Director Product Specialist, Nielsen Media Indonesia, Cerli Wirsal, mengatakan bahwa selama pandemi Covid-19, media adalah sumber utama hiburan di rumah. Selain itu, menghabiskan waktu bersama keluarga & melakukan hobi baru adalah bentuk hiburan lainnya.

"Selama di rumah aja, frekuensi harian menonton serial atau film online, bermain online games, dan mendengarkan audio secara online naik," kata Cerli.

Ia mengatakan, selama pandemi Covid-19, tren hiburan dalam ruangan yang dilakukan secara online menunjukkan peningkatan yang signifikan seperti menonton film atau serial secara online setiap hari (57%), bermain gim online setiap hari (62%), dan mendengarkan audio atau musik online setiap hari (+35%).

Sementara itu, sebagian besar dari konsumen yang baru mengadopsi kegiatan tersebut berniat untuk terus melakukannya di saat pandemi sudah berakhir. Hal ini pun membuka peluang yang bisa digarap oleh para pemain di industri online video portal, online game, maupun online audio.

"Kebiasaan baru terkait konsumsi media dan aktivitas berbelanja akan tetap dilanjutkan di situasi new normal sehingga penting bagi pemilik merek memanfaatkan peluang ini dengan cara tetap berkomunikasi dengan para konsumen melalui berbagai platform," pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini