Redup Lalu Bersinar Lagi, Pakar Jelaskan Teori Bintang Betelgeuse

Redup Lalu Bersinar Lagi, Pakar Jelaskan Teori Bintang Betelgeuse Foto: Space.com

Betelgeuse adalah salah satu bintang yang unik. Bintang ini redup dan pulih secara dramatis.

Baru-baru ini, sejumlah astronom menyimpulkan banyak keanehan yang dapat dijelaskan jika sekitar 100.000 tahun yang lalu raksasa merah itu menelan sebuah bintang yang agak lebih masif daripada Matahari.

Baca Juga: Apa Tujuan UEA Lakukan Misi Antarplanet ke Mars?

Biasanya, Bintang itu menjadi salah satu yang paling terang dan berwarna di langit. Betelgeuse telah menjulang besar bagi umat manusia sejak zaman kuno. Betelgeuse adalah bintang pertama yang ukuran sudutnya diukur, menjadi yang terluas terlihat dari belahan bumi utara, setelah matahari.

Penelitian lebih lanjut mengungkapkan hal itu terjadi karena keduanya relatif dekat dalam hal astronomi dan red supergiant dengan lebar lebih dari 1,2 miliar kilometer. Namun, Betelgeuse berbeda dari supergiant solo merah lainnya.

Betelgeuse berputar sangat cepat pada lima kilometer per detik (11.000 mph) lambat dibandingkan dengan banyak bintang yang lebih kecil, tetapi sangat cepat untuk bintang dengan radius sangat besar.

Semua bintang berubah, di mana beberapa menjadi jauh lebih cepat daripada yang lain. Namun, ketika bintang-bintang mengembang saat selesai membakar hidrogen di intinya, putaran melambat. Ini adalah versi raksasa dari demonstrasi yang disukai para guru fisika SMA, di mana seorang siswa berputar sambil duduk di kursi putar sambil memegang beban.

Ketika siswa memindahkan beban dari dekat dada hingga ke lengan, mereka melambat menjaga momentum sudut konstan.

Agar Betelgeuse berputar secepat itu, bintang ini harus berubah dengan sangat cepat di awal hidupnya, atau sesuatu  yang terjadi baru-baru ini meningkatkan kecepatannya.

Beberapa bintang berputar dengan cepat karena pasang surut yang disebabkan oleh bintang pendamping. Tetapi, Betelgeuse tidak memiliki pendamping.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini