Ngeri, Warga Israel Kena Radiasi Sistem Pertahanan Iron Dome

Ngeri, Warga Israel Kena Radiasi Sistem Pertahanan Iron Dome Foto: Istimewa

Penduduk Israel di Negev, yang mayoritas petani, menggugat militer setempat karena terpapar radiasi berbahaya dari sistem pertahanan rudal Iron Dome yang ditempatkan di ladang kibbutzdi wilayah itu.

Para petani di Negev secara tidak sengaja terpapar radiasi yang sangat kuat selama enam tahun dan mata pencaharian mereka terganggu. Mereka menuntut kompensasi sekitar USD1,3 juta.

Baca Juga: Palestina Butuh Dukungan 2 Negara Lagi, Israel Siap-siap...

Gugatan yang diajukan menyatakan bahwa militer Israel memasang sistem Iron Dome, yang didanai oleh pemerintah Amerika Serikat (AS), di ladang milik warga yang tidak disebutkan namanya pada 2012 tanpa memberitahu warga tentang bahaya yang ditimbulkannya bagi kesehatan mereka.

Lima tahun kemudian, menurut laporan Ynet News Kamis (23/7/2020), mereka diberi tahu bahwa mereka tidak dapat mendekati ladang di dekat daerah itu karena radiasi yang sangat kuat dipancarkan sistem Iron Dome. Namun, pemberitahuan itu terlambat karena mereka sudah berbulan-bulan bekerja secara bebas di sana. 

"Tergugat (Pasukan Pertahanan Israel) baru-baru ini ingat untuk memperbarui (pemberitahuan) tentang radiasi yang sangat kuat yang dipancarkan sistem (Iron Dome), dan oleh karena itu sangat dilarang untuk terlibat dalam pekerjaan pertanian di daerah sekitarnya," bunyi gugatan tersebut.

"Akan menjadi jelas bahwa bahaya radiasi di lapangan tidak diketahui sampai pemberitahuan dari tergugat," lanjut bunyi dokumen gugatan.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini