Intelijen AS Ciptakan Alat untuk Bongkar Dosa Militer Soviet

Intelijen AS Ciptakan Alat untuk Bongkar Dosa Militer Soviet Foto: AP/Carolyn Kaster

Ternyata selain invoasinya membuat alat mata-mata atau spy gadget, CIA juga membuat sebuah replika pesawat Amerika Serikat yang hancur saat terkena tembakan Uni Soviet.

Alat ini dibuat untuk membongkar dosa militer Soviet atas penembakan pesawat itu.

Baca Juga: Awas, Koalisi AS untuk Perangi China Siap Dibentuk

VIVA Militer: Model Pesawat Lockhead U-2 Amerika

Dilansir dari CIA, Rabu (22/7/2020), tepatnya pada 1 Mei 1960 Soviet menembak jatuh pesawat Amerika U-2 yang saat itu diawaki oleh Francis Gary Powers. Ia berhasil selamat namun harus dipenjara di Rusia 21 bulan lamanya.

Kemudian pada tahun 1962, Powers ditukar dengan intelijen Soviet yang tertangkap oleh Amerika.

Ia adalah Kolonel Rudolf Abel. Namun Abel sempat mencicipi dinginnya penjara Amerika selama 5 tahun karena ia tertangkap pada tahun 1957. 

Untuk memberikan kesaksian di Komite Layanan Senat pada bulan Maret 1962, CIA membuat model pesawat U-2. Bagian sayap dan ekor pesawat dapat dilepas guna memperlihatkan kehancuran pesawat setelah insiden penembakan.

Memiliki panjang 28 centimeter, ternyata model pesawat U-2 yang kini berada di museum CIA merupakan salah satu dari dua model pesawat U-2 yang dibuatkan CIA untuk Powers.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini