Update Proses Kucuran Modal KB Kookmin Bank ke Bank Bukopin

Update Proses Kucuran Modal KB Kookmin Bank ke Bank Bukopin Foto: Bank Bukopin

Manajemen Bank Bukopin kembali memastikan bahwa proses Penawaran Umum Terbatas (PUT V) perseroan masih terus berjalan sesuai dengan publikasi yang telah dilakukan sebelumnya.

Direktur Utama Bank Bukopin, Rivan A Purwantono mengatakan PUT V dengan skema memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD atau rights issue) berjalan sesuai dengan jadwal yang dipublikasikan Bank Bukopin pada 2 Juli 2020.

Sebelumnya, pada 30 Juni 2020 dokumen PUT V telah mendapatkan Pernyataan Efektif dari OJK.

"Hari ini sudah memasuki hari ketujuh untuk pemegang saham yang ingin mengeksekusi rights-nya, jadi masih ada waktu empat hari kerja sampai dengan Senin 27 Juli nanti," ujar Rivan pada hari ini (22/7/2020).

Baca Juga: Soal Penyuapan Pengawas OJK, Bank Bukopin Buka Suara

Menyikapi pemberitaan terakhir yang mengutip pernyataan Bosowa Corporindo, Rivan menambahkan, "Kami intensif berkomunikasi dengan pemegang saham, termasuk Bosowa dengan Dirut Bapak Sadikin Aksa, terdapat juga perwakilan Bosowa di Dewan Komisaris, yakni Bapak Subhan Aksa. Selama ini pihak Bosowa kooperatif atas semua keputusan manajemen, termasuk terkait rencana penambahan modal oleh KB Kookmin Bank yang dilakukan sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku."

Komunikasi yang dilakukan perseroan dilakukan, kata Rivan, untuk memastikan penerapan Good Corporate Governance dan menjaga hubungan baik dengan seluruh perwakilan pemegang saham, baik Bosowa Corporindo, KB Kookmin Bank, Negara RI, Kopelindo, dan pemegang saham publik yang diwakili oleh empat orang komisaris independen, termasuk Komisaris Utama Bank Bukopin Mustafa Abubakar.

Sesuai prospektus PUT V yang telah didistribusikan ke para pemegang saham sejak 13 Juli 2020, kedua pemegang saham utama Bank Bukopin, yaitu Bosowa Corporindo dan KB Kookmin Bank, menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan HMETD pada PUT V.

KB Kookmin Bank, sesuai dengan rencananya akan menjadi pemegang saham mayoritas ke depannya, juga menjadi pembeli siaga untuk menyerap seluruh HMETD yang tidak dieksekusi pemegang saham lainnya di PUT V ini.

Pasca-PUT V, KB Kookmin Bank direncanakan melanjutkan penambahan modal melalui PMTHMETD untuk menjadi majority shareholder, dengan terlebih dahulu meminta persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) yang rencananya akan diselenggarakan pada 25 Agustus 2020.

"Dukungan berbagai pihak mulai dari pemegang saham, regulator, nasabah, hingga karyawan sangat penting bagi manajemen karena akan memastikan kelancaran proses aksi korporasi. Ke depannya penguatan fundamendal dan pengembangan bisnis pun akan lebih optimis," tutup Rivan.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini