Tak Ikuti Jejak Inggris, Negara Ini Kasih Huawei Lampu Hijau

Tak Ikuti Jejak Inggris, Negara Ini Kasih Huawei Lampu Hijau Foto: REUTERS/Sergio Perez

Saat sejumlah negara memboikot peratalan 5G Huawei, Prancis memiih jalan yang berbeda. Negara itu menyambut Huawei dengan tangan terbuka.

China dan Prancis berkomitmen membuka jalan investasi Huawei di jaringan 5G Prancis. Menteri Keuangan Bruno Le Maire sudah mengonfirmasi kabar itu.

"Perusahaan teknologi China tak akan mengalami pelarangan. Situs dengan sensitivitas tertentu akan dilindungi dan keamanan nasional Prancis tak termasuk dalam dasar pengambilan keputusan," ujar Le Maire, seperti dilansir dari Newseu CGTN, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga: Pejabat Inggris-Amerika Ketemu, Bahas Soal Blokir Huawei Gak Ya?

Baca Juga: Tanggapi Ancaman China ke Ericsson & Nokia, Menteri AS: Lawan!!

Le Maire bertemu dengan Wakil Perdana Menteri China Hu Chunhua secara virtual; membahas beragam topik di luar teknologi pula, seperti perubahan iklim, pertanian, sampai tenaga nuklir.

Pernyataan resmi yang China-Prancis rilis berbunyi, "kedua pihak akan bekerja sama dalam mengamankan pasar yang adil dan tidak diskriminatif, mendorong bisnis dari semua negara berpartisipasi dalam pembangunan jaringan 5G yang sesuai dengan prinsip pasar dan prinsip keamanan."

Diskusi daring itu juga bertujuan membangun kembali kesepakatan senilai 15 miliar dolar AS yang China-Prancis tanda tangani pada tahun lalu.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini