Pejabat Inggris-Amerika Ketemu, Bahas Soal Blokir Huawei Gak Ya?

Pejabat Inggris-Amerika Ketemu, Bahas Soal Blokir Huawei Gak Ya? Foto: Reuters/Kevin Lamarque

Amerika Serikat (AS) dan Inggris mengaku berdiskusi perihal teknologi telekomunikasi generasi kelima (5G), apakah itu ada hubungannya dengan keputusan Inggris untuk menghapus komponen teknologi Huawei?

Menurut Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, ia dan Perdana Menteri Inggris membicarakan potensi kesepakatan dagang antara AS-Inggris serta jaringan 5G.

"Kunjungan konstruktif dengan Boris Johnson hari ini," katanya, Rabu (22/7/2020) melalui akun Twitter, seperti dilansir dariĀ Reuters.

Baca Juga: Boikot Huawei, Apakah Inggris Dipaksa Amerika? Ini Jawabannya!

Baca Juga: Tanggapi Ancaman China ke Ericsson & Nokia, Menteri AS: Lawan!!

Ia pun menambahkan, diskusi yang terjadi hari ini berlandaskan hubungan bilateral antara dua negara. Lantas, apa pembicaraan soal Huawei juga menjadi bahan diskusi AS-Inggris?

Belum ada keterangan yang menjawab pertanyaan itu secara langsung. Namun, ,engutip laman BBC, Pompeo buka suara soal keputusan Inggris terhadap Huawei. "Saya pikir Inggris mengambil keputusan (pemblokiran Huawei) bukan karena AS, melainkan karena para pemimpin di Inggris menyimpulkan hal yang benar untuk kepentingan nasionalnya," jelasnya.

Ketika ada yang bertanya 'apakah AS ingin menghancurkan perusahaan China?', Pompeo memberi jawaban yang agak ambigu.

"AS akan giat mempertahankan keamanan nasional dan mencegah agar data pribadi warga tak berakhir di tangan Partai Komunis China," katanya.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini