Maybank Gelar Diskusi, Bahas Bisnis di Era Pandemi

Maybank Gelar Diskusi, Bahas Bisnis di Era Pandemi Foto: Sufri Yuliardi

Berangkat dari kepedulian terhadap kondisi perekonomian Indonesia saat ini, khususnya pada dunia bisnis, Maybank Indonesia hari ini menggelar forum diskusi virtual Maybank Indonesia Webinar Economic Outlook 2020 dengan tema Turning Pandemic into Opportunity yang disiarkan melalui situs Maybank Indonesia dan diikuti lebih dari 1,200 peserta yang terdiri dari nasabah setia Bank, pemerhati perbankan dan media.

Mengusung tema Turning Pandemic into Opportunity, webinar dimulai dengan pembahasan mengenai situasi ekonomi Indonesia terkini seputar arahan dan kebijakan pemerintah yang telah, sedang dan akan dilakukan dalam membantu menstimulasi kembali perputaran ekonomi nasional di era new normal yang dibawakan oleh Prof. Dr. Mohammad Ikhsan, Staf Khusus II Kementrian BUMN Republik Indonesia.

Diskusi dilanjutkan dengan sharing pengalaman dan insights melalui paparan singkat para pelaku usaha dari berbagai bidang yaitu ritel, e-commerce dan jasa keuangan yang telah mampu mengubah pandemi menjadi peluang bisnis.

Baca Juga: Pandemi Picu Realisasi Investasi Triwulan II Turun 8,9%

Para pebisnis yang hadir diantaranya Vidjongtius, CEO, PT Kalbe Farma Tbk. dan Kusumo Martanto, CEO, Blibli.com yang mewakili bidang ritel dan e-commerce, kemudian, Riko Abdurrahman, Presiden Direktur, PT Visa Worldwide Indonesia dan Vincent Iswara, CEO, DANA mewakili bidang jasa keuangan dan pembayaran.

Sejak pandemi Covid-19 menghantam Indonesia yang masih terasa dampaknya hingga kini telah membawa perubahan khususnya pada pola aktivitas masyarakat yang banyak dipusatkan dari rumah akibat adanya protokol kesehatan yang mengharuskan social dan physical distancing, serta adanya pembatasan lalu lintas antar kota maupun antar negara. Hal ini telah menghambat aktivitas perdagangan, supply chain, distribusi produk dan jasa di hampir semua industri.

“Menginjak era new normal, survival bisnis sangat bergantung pada kemampuan dan kecepatannya untuk beradaptasi dengan kondisi pasar agar dapat mempertahankan kelangsungan, produktivitas maupun menjaga profitabilitas bisnis” ujar Taswin Zakaria, Presiden Direktur, Maybank Indonesia, di Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Terguncang Pandemi, Kemiskinan Menghantui

Paparan para pebisnis selama webinar menunjukkan adanya pergeseran pola konsumsi masyarakat yang ditanggapi sebagai peluang positif dan menjadi strategi baru yang efektif untuk menghadapi pasar era new normal yang rentan terhadap pandemi.

“Masih banyak peluang yang muncul di masa pandemi yang dapat dioptimalkan oleh berbagai bisnis di Indonesia yang akhirnya bisa menjadi katalisator dalam menggerakkan kembali perekonomian dalam negeri” Taswin menambahkan.

Dengan menghadirkan perwakilan dari berbagai bidang, Maybank Indonesia berharap para peserta webinar yang adalah juga pelaku usaha dan nasabah Maybank untuk dapat menggali ide dan gagasan dalam rangka menyusun strategi bisnis yang dapat diterapkan secara efektif, mereflesikan keberhasilan yang telah didulang oleh para pembicara di sesi webinar Maybank Indonesia Webinar Economic Outlook 2020.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini