Tenaga Kerja dari Luar Daerah, Gubernur: Jangan Dulu!

Tenaga Kerja dari Luar Daerah, Gubernur: Jangan Dulu! Foto: Sufri Yuliardi

Dalam beberapa hari ini terjadi lonjakan penularan Covid-19 di Provinsi Riau. Gubernur Riau, Syamsuar meminta perusahaan yang beroperasi di wilayahnya untuk menghentikan impor tenaga kerja dari luar daerah.

Dalam beberapa hari ini belasan tenaga kerja dari Sumatera Selatan yang akan bekerja di subktontraktor PT IKPP di Kabupaten Siak positif Covid. Saat ini mereka sudah dirawat di Kota Pekanbaru. Gubernur Riau menegaskan, sudah menghubungi petinggi sejumlah perusahaan secara langsung.

Baca Juga: Corona Bawa Mantan Sopir Taksi Jadi Orang Terkaya ke-2 di Korsel

"Saya dengar ada sejumlah perusahaan di Kabupaten Siak dan Kota Dumai akan mendatangkan pekerja dari luar. Untuk sementara jangan dulu," ucap Syamsuar, Rabu (22/7/2020).

Sejumlah perusahaan itu diminta untuk mempekerjakan tenaga lokal, jika kekurangan tenaga kerja. Perusahaan seperti industri pulp, perminyakan dan lainnya untuk serius menerapkan protokol kesehatan.

"Tadi saya sudah berbicara dengan pimpinan perusahaan untuk mempekerjakan tenaga lokal saja. Kemudian mereka menyanggupinya dan bersedia mempekerjakan tenaga lokal," ucapnya.

Adanya impor tenaga kerja yang belakangan ini marak di subktontraktor PT IKPP telah membuat kluster baru Covid-19 di Riau. Mereka mayoritas berasa dari Sumatera Selatan. "Pekerja dari luar ini menyebabkan klaster baru di Riau," tukasnya.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini