Melihat Persiapan Hagia Sophia Jelang Solat Jumat Perdana

Melihat Persiapan Hagia Sophia Jelang Solat Jumat Perdana Foto: REUTERS/Murad Sezer

Turki melakukan berbagai persiapan menjelang salat Jumat pertama di Hagia Sophia pada 24 Juli mendatang. Beberapa hari terakhir ini tampak para pekerja memasang tirai untuk menutup mosaik dan lukisan di bagian dalam gedung selama salat.

Mosaik dan lukisan dinding di Hagia Sophia akan ditutupi tirai selamat salat. Mekanisme tirai yang dipasang pun serupa dengan yang digunakan dalam industri film.

Baca Juga: Solat Jumat di Hagia Sophia: Erdogan Undang Para Pemimpin Dunia

"Tak ada satu pun paku yang digunakan saat memasang sistem itu," papar pihak pengelola gedung.

Mosaik Theokos setinggi 6,5 meter dan Gabriel setinggi 7,5 meter yang terlihat dari lantai bawah, akan dibuka dan ditutup dengan tirai, selama satu menit masing-masing.

Awalnya, teknologi laser akan digunakan untuk menutupi mosaik dan lukisan itu. Namun rencana menggunakan laser ini tak jadi digunakan.

Perancah yang sudah didirikan di dalam gedung untuk restorasi juga akan ditutup tirai selama salat.

Adapun panel omphalion akan tetap dibiarkan di bawah karpet, yang akan akan menjadi tempat untuk salat.

Karpet yang akan digunakan di Hagia Sophia dibuat di provinsi Manisa. Pabrik pembuat karpet itu meruapakan salah satu pabrik pertama di Turki yang membuat karpet dengan mesin.

Karpet itu sangat istimewa karena dibuat 100% dari wool asli Turki. Karpet warna kepala bebek hijau itu memiliki motif era Ottoman abad 17.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini