36 Miliarder Sokong Dana Kampanye Joe Biden, Salah Satunya...

36 Miliarder Sokong Dana Kampanye Joe Biden, Salah Satunya... Foto: Sindonews

Uang para miliarder telah mengalir ke dana kampanye Joe Biden sejak April. Setidaknya 36 miliarder telah memberikan kontribusi lebih dari USD100.000 (Rp1,4 miliar) kepada komite yang mendukung Biden dan Komite Nasional Demokrat.

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Rabu (22/7/2020) banyak donor baru Biden yang terungkap untuk pertama kali dalam pengajuan ini. Diantaranya yakni raksasa teknologi seperti CEO Twilio Jeff Lawson dan istrinya, Erica, yang masing-masing memberikan kontribusi maksimal kepada Biden Victory Fund sebanyak USD620.600 (Rp9 miliar).

Baca Juga: Kampanye Pilpres Memanas, Teriak Trump: Joe Biden Titisan Osama bin Laden

Lalu, miliarder Facebook Dustin Moskovitz dengan jumlah yang sama dan Sean Parker sebesar USD100.000 (Rp1,4 miliar). Pemodal besar Demokrat George Soros dan Jim Simons juga ikut bergabung. Istri mendiang Steve Jobs, Laurene Powell Jobs juga ikut bergabung dengan memberikan USD610.600 (Rp8,9 miliar).

Biden Victory Fund dan Biden Action Fund telah mengizinkan kampanye Biden untuk meminta kontribusi enam digit. Menurut hukum federal, donor hanya dapat memberikan kontribusi USD5.600 langsung ke kampanye presiden Biden. Tetapi individu dapat memberikan kontribusi hingga USD620.600 kepada Biden Victory Fund dan USD360.600 kepada Biden Action Fund.

Kedua komite tersebut mengajukan daftar donornya ke FEC untuk pertama kalinya Rabu. Secara total, Dana Kemenangan Biden telah mengumpulkan USD86,4 juta (Rp1,2 triliun) sejak diluncurkan pada bulan April.

Tampaknya sekitar 10% berasal dari anggota kelas miliarder. Biden Action Fund hanya mengumpulkan USD11,6 juta (Rp169 miliar) sejak diluncurkan pada bulan Mei, dan 15% berasal dari miliarder.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini