Lepas Saham Gila-Gilaan, Para Miliarder China Dapat Untung Besar!

Lepas Saham Gila-Gilaan, Para Miliarder China Dapat Untung Besar! Foto: Reuters

Tiga taipan teknologi China baru-baru ini mengurangi kepemilikan mereka di perusahaan yang mereka dirikan dengan menjual atau mentransfer saham senilai miliaran dolar. Jack Ma dari Alibaba, Colin Huang dari Pinduoduo, dan Ma Huateng dari Tencent.

Mereka tampaknya mengambil keuntungan dari pasar yang terlalu panas di AS dan Hong Kong untuk diuangkan ketika saham diperdagangkan pada level tertinggi historis, kata para analis.

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Rabu (22/7/2020) Penjualan terbesar sejauh ini jatuh ke tangan orang terkaya kedua di Tiongkok, salah satu pendiri Alibaba, Jack Ma yang mengundurkan diri tahun lalu sebagai ketua eksekutif.

Baca Juga: Startup Jack Ma Melantai Bursa, Valuasinya Capai Rp2.200 Triliun!

Berdasarkan pengajuan tahunan perusahaan, Ma mengurangi kepemilikannya di raksasa e-commerce yang berbasis di Hangzhou itu menjadi 4,8% dari 6,0% pada saat listing sekundernya di Hong Kong pada bulan November. Kekayaan bersihnya saat ini diperkirakan mencapai USD48,8 miliar (Rp714 triliun).

Saham Alibaba yang terdaftar di New York telah meningkat lebih dari 41% sejak perusahaan melaporkan kepemilikan 6,0% Ma pada bulan November. Dengan menggunakan harga saham rata-rata selama 9 bulan terakhir, Forbes memperkirakan bahwa Ma menjual sahamnya selama hampir USD5 miliar (Rp73 triliun).

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini