Indonesia-Swiss Teken Kerja Sama Penanggulangan Bencana

Indonesia-Swiss Teken Kerja Sama Penanggulangan Bencana Foto: Antara/Antara

Indonesia dan Swiss sepakat meningkatkan kerja sama penanggulangan bencana dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama Penanggulangan Bencana antara BNPB dan Swiss Development Cooperation.

Penandatanganan kesepakatan kerja sama itu dilakukan di Graha BNPB oleh Kepala BNPB Doni Monardo dan Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Kurt Kuntz pada Selasa (21/7/2020).

Kesepakatan itu merupakan hasil dari diplomasi penanggulangan bencana Kementerian Luar Negeri RI melalui fasilitasi dan serangkaian negosiasi dengan Kementerian Luar Negeri Swiss.

Melalui kesepakatan itu, kedua pihak akan melakukan dialog tahunan yang membahas pengembangan dan potensi kerja sama penanggulangan bencana.

Pemerintah Swiss akan memberikan dukungan pendanaan dan perusahaan Swiss, seperti Roche, akan terlibat dalam memberikan pelatihan dan transfer teknologi.

Nota Kesepahaman ini semakin melengkapi berbagai kerja sama bilateral Indonesia - Swiss lainnya seperti perjanjian perdagangan bebas Indonesia-EFTA CEPA dan kerja sama bantuan hukum timbal balik dalam bidang pidana (Mutual Legal Assistance/MLA).

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini