Apa Itu Commitment Fee?

Apa Itu Commitment Fee? Foto: Unsplash/Rawpixel

Commitment fee adalah biaya komitmen dalam istilah perbankan yang digunakan untuk menggambarkan biaya yang dikenakan oleh kreditur kepada debitur untuk mengkompensasi pemberi pinjaman atas komitmennya untuk meminjamkan.

Berdasarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), biaya komitmen adalah biaya yang akan dibebankan kepada debitur sehubungan dengan kesanggupan kreditur untuk meminjamkan sejumlah uang dengan suku bunga dan dalam waktu yang disepakati.

Baca Juga: Apa Itu Diet Keuangan?

Pemberi pinjaman dikompensasi untuk memberikan akses ke pinjaman potensial melalui biaya komitmen karena telah menyisihkan dana untuk peminjam.

Biaya komitmen atau commitment fee umumnya ditetapkan sebagai biaya tetap dari jumlah pinjaman yang tidak dicairkan. Pemberi pinjaman membebankan biaya komitmen sebagai kompensasi untuk menjaga jalur kredit terbuka atau untuk menjamin pinjaman pada tanggal tertentu di masa depan.

Peminjam membayar biaya sebagai imbalan untuk jaminan peminjam akan memasok dana pinjaman pada tanggal yang akan datang dan pada tingkat bunga yang dikontrak, terlepas dari kondisi di pasar keuangan dan kredit.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini