Raja Militer Afrika Ditantang Pasukan Turki, Siapa Lebih Unggul?

Raja Militer Afrika Ditantang Pasukan Turki, Siapa Lebih Unggul? Foto: Ihlas News Agency/Mehmet Ali Dag via Reuters

Mesir akhirnya memastikan langkah untuk menghadapi perang melawan Turki di Libya. Instruksi Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sisi, untuk memerangi Turki, sudah disetujui oleh parlemen Mesir.

Mengutip laporan dari Al Jazeera, diinformasikan bahwa parlemen Mesir sepakat untuk mengerahkan pasukan Angkatan Bersenjata Mesir (EAF) di Libya. Dalam pernyataannya, parlemen Mesir menyebut bahwa Turki adalah elemen teroris asing di Libya.

Baca Juga: Disetujui Presiden, Mesir Akhirnya Siap Perang Hadapi Turki

"Parlemen menyetujui pengerahan anggota angkatan bersenjata Mesir dalam misi tempur di luar perbatasan Mesir untuk mempertahankan keamanan nasional MesirĀ  terhadap milisi bersenjata kriminal dan elemen teroris asing," bunyi pernyataan parlemen Mesir.

Kedekatan antara Marsekal Khalifa Haftar, dan el-Sisi, memastikan bahwa Mesir akan menjadi sekutu Tentara Nasional Libya (LNA). Sementara itu, Turki di bawah komando Presiden Recep Tayyip Erdogan, akan tetap berada di kubu Pemerintah Kesepakatan Nasional Libya (GNA).

Mendapat julukan sebagai Raja Militer Afrika, seberapa kuat armada tempur Mesir?

Kemudian di sisi lain, Turki yang sudah menyokong pasukan GNA dalam beberapa tahun terakhir, apakah mampu menandingi kekuatan militer Mesir?

Untuk mengetahui peta kekuatan militer kedua negara, berikut data perbandingan dari Global Firepower. Dalam data dari situs tersebut, ternyata Mesir memiliki peringkat yang lebih baik dari Turki.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini