Vaksin Covid-19 Diuji ke Manusia, Hasilnya Cukup Menjanjikan

Vaksin Covid-19 Diuji ke Manusia, Hasilnya Cukup Menjanjikan Foto: IStockPhoto/Manjurul

Data awal dari uji coba tiga vaksin Covid-19 potensial yang dirilis pada Senin (21/7/2020) menunjukkan hasil positif, meningkatkan kepercayaan bahwa vaksin dapat melatih sistem kekebalan tubuh untuk mengenali dan melawan virus corona baru tanpa efek samping yang serius.

Meski begitu, apakah upaya-upaya tersebut bisa melindungi jutaan orang dari pandemi virus corona masih membutuhkan studi lebih lanjut.

Baca Juga: Kabar Gembira, Bulan Depan Bio Farma Uji Klinis Vaksin Covid-19

Vaksin yang dikembangkan oleh produsen obat Inggris AstraZeneca bersama dengan Universitas Oxford berhasil menginduksi respons kekebalan pada semua peserta studi yang menerima dua dosis tanpa efek samping yang mengkhawatirkan.

Sementara vaksin Covid-19 lain yang sedang dikembangkan oleh CanSinoBiologics Inc dan unit penelitian militer China, juga menunjukkan bahwa vaksin itu tampaknya aman dan memicu respons kekebalan pada sebagian besar dari 508 sukarelawan sehat yang mendapat satu dosis vaksin, demikian dilaporkan para peneliti.

Sekira 77% sukarelawan studi mengalami efek samping seperti demam atau nyeri di tempat suntikan, tetapi tidak ada yang dianggap serius.

Diwartakan Reuters, baik vaksin AstraZeneca dan CanSino menggunakan virus flu yang tidak berbahaya yang dikenal sebagai adenovirus untuk membawa materi genetik dari virus corona baru ke dalam tubuh. Studi tentang kedua vaksin diterbitkan dalam jurnal The Lancet.

"Secara keseluruhan, hasil dari kedua uji coba secara umum serupa dan menjanjikan," tulis Naor Bar-Zeev dan William Moss, dua ahli vaksin dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg, dalam komentar di The Lancet.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini