Elon Musk Bakal Tanam Chip Streaming Musik di Otak Manusia

Elon Musk Bakal Tanam Chip Streaming Musik di Otak Manusia Foto: Patrick T Fallon

Pendiri SpaceX dan Tesla, Elon Musk memiliki visi tentang peradaban teknologi pada manusia. Salah satunya melalui startup Neuralink yang didirikan olehnya.

Saat ini, Neuralink sedang menggarap interface komputer yang terkoneksi dengan otak manusia. Salah satu fungsinya adalah pengguna bisa streaming musik langsung ke otak mereka.

Sebagaimana dilansir dari The Independent di Jakarta, Selasa (21/7/2020) rencananya Elon Musk akan mengungkap sejumlah informasi baru mengenai startupnya yang masih misterius bulan depan.

Baca Juga: Elon Musk: Kanye West Akan Lebih Baik Maju Pilpres 2024

Meski demikian, sedikit demi sedikit, dia mulai memberikan bocoran mengenai apa yang dikerjakan Neuralink.

Selain untuk streaming musik, teknologi tersebut juga dikembangkan untuk mengontrol tingkat hormon manusia guna mengobati kecemasan dan penyakit lain terkait dengan otak dan psikologis.

Sejak didirikan pada 2016, Neuralink hanya pernah satu kali melakukan presentasi ke publik. Lalu pada 2019, dalam sebuah acara teknologi, Musk mengatakan Neuralink sedang mengembangkan perangkat berwujud seperti mesin jahit yang fungsinya menghubungkan komputer dengan chip yang ditanamkan ke otak manusia.

"Proses menanam chip di otak akan mirip dengan operasi lasik pada mata," kata Musk saat menjelaskan tentang teknologi Neuralink ke publik untuk pertama kalinya.

Chip tersebut juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit otak seperti Parkinson, depresi dan kecanduan. Namun tujuan akhir dari Neuralink adalah memungkinkan manusia berkompetisi dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini