Pakar Jumpai Masalah Besar yang Diakibatkan Covid-19, Apa Saja?

Pakar Jumpai Masalah Besar yang Diakibatkan Covid-19, Apa Saja? Foto: Reuters/Stephen Lam

Para ilmuwan baru mulai memahami sejumlah besar masalah kesehatan yang disebabkan oleh Covid-19. Beberapa di antaranya, menurut para ilmuwan, mungkin memiliki efek yang melekat pada pasien dan sistem kesehatan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Menurut para ilmuwan dan juga ahli kesehatan, selain masalah pernapasan yang membuat pasien terengah-engah, Covid-19 juga menyerang banyak sistem organ, dalam beberapa kasus menyebabkan kerusakan parah.

"Kami pikir ini hanya virus pernapasan. Ternyata, itu terjadi setelah pankreas. Itu terjadi setelah jantung. Itu terjadi setelah hati, otak, ginjal dan organ-organ lainnya. Kami tidak memahami itu pada awalnya," kata Eric Topol, ahli jantung dan direktur Scripps Research Translational Institute di La Jolla, California, Amerika Serikat (AS) seperti dilansir Japan Today.

Selain gangguan pernapasan, pasien dengan Covid-19 dapat mengalami gangguan pembekuan darah yang dapat menyebabkan stroke, dan peradangan ekstrem yang menyerang berbagai sistem organ.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini