Jinping Akui Palestina Saudara Baik, Abbas: China Bisa Dipercaya

Jinping Akui Palestina Saudara Baik, Abbas: China Bisa Dipercaya Foto: Reuters/Mark Schiefelbein

Presiden China Xi Jinping menegaskan kembali komitmen negaranya atas solusi terhadap masalah yang dialami Palestina agar konflik Timur Tengah bisa diselesaikan. Xi menyampaikan, persoalan yang dihadapi Palestina adalah inti permasalahan yang terjadi di Timur Tengah.

Hal itu disampaikan Xi dalam percakapan telepon dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Senin (20/7/2020) waktu setempat, sebagaimana dilansir dari CGTN, Selasa (21/7/2020).

Baca Juga: Pedih, Gadis Palestina Kenang Cerita di Penjara Buruk Israel

Dalam percakapan tersebut, Xi menyerukan adanya dialog dan negosiasi dengan landasan yang sepadan. China, kata dia, akan terus mempromosikan penyelesaian masalah Palestina yang komprehensif, adil dan berkelanjutan. Ia menggambarkan persoalan Palestina sebagai masalah inti di Timur Tengah.

China telah berulang kali menyuarakan keprihatinan terhadap rencana Israel mencaplok bagian-bagian Tepi Barat. Xi menegaskan kembali dukungannya kepada Palestina dalam membangun negara yang merdeka dan berdaulat berdasarkan perbatasan 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Dalam kesempatan itu, Xi juga memuji hubungan kedua negara. Baginya, Palestina dan China selalu saling percaya dan saling mendukung secara tegas dalam persoalan yang melibatkan masalah inti mereka masing-masing.

"(China dan Palestina) adalah saudara yang baik, teman yang baik, dan mitra yang baik," kata Xi.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini