China Marah-marah Usai Inggris Ikut Campur Urusannya dengan AS

China Marah-marah Usai Inggris Ikut Campur Urusannya dengan AS Foto: US Navy

Hubungan China dan Inggris mulai memanas. Hal itu dipicu sikap Inggris yang nyata-nyata tak lagi berimbang dalam konflik China dan Amerika Serikat.

China menuding Inggris tak independen malah terbukti ikut bersekutu dengan Amerika untuk memerangi Negeri Tirai Bambu.

Baca Juga: Posisi China Makin Tertekan Usai Inggris Kirim Kapal Induk ke LCS

China kesal karena ternyata Inggris juga ikut campur dalam masalah dalam negeri China dan Hong Kong dengan melayangkan protes tak berdasar.

ApalagiĀ  dilansir dari Al Jazeera News Senin (20/7/2020), kini Inggris berencama menunda pengaturan ekstradisi Inggris dengan Hong Kong.

Belum lagi Inggris mencampuri masalah China dan etnis Uighur dan akan menjatuhi sanksi sepihak kepada pejabat Beijing.

Duta besar China untuk Inggris memperingatkan, bahwa China akan memberikan respons tegas terhadap sikap tak netral Inggris itu.

Yang paling membuat China jengkel ialah, Angkatan Bersenjata Inggris ikut bersekutu dengan Amerika dalam operasi militer di Indo-Pasifik.

Bahkan Inggris mengerahkan armada kapal induk terbesarnya, HMS Queen Elizabeth untuk ikut dalam latihan perang bersama Amerika dan sekutu di Indo-Pasifik.

HMS Queen Elizabeth dikawal dua kapal perusak Tipe 45, dua fregat Tipe 23, dua kapal tanker dan helikopter menuju lokasi latihan perang.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini