Bea Cukai Manado Galakkan Ekspor Langsung dari Sulut

Bea Cukai Manado Galakkan Ekspor Langsung dari Sulut Foto: Bea Cukai

Bea Cukai Manado kembali membahas persiapan ekspor langsung hasil perikanan, kelautan, dan pertanian dari Sulawesi Utara dalam focus group discussion (FGD), Rabu (8/7/2020) lalu.

Pembahasan bersama BKIPM Manado, Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado, dan PT Angkasa Pura Logistik Manado merupakan tindak lanjut dari FGD sebelumnya pada 5 Maret 2020.

Kepala Kantor Bea Cukai Manado, M Anshar mengungkapkan tujuan diadakannya FGD adalah mencapai kesiapan dari pihak eksportir dan instansi untuk bisa melakukan ekspor langsung dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado menuju Jepang.

Baca Juga: Bea Cukai Pantau Barang-barang Ilegal Dibantu Teknologi TNI AU

Anshar menyampaikan ekspor hasil perikanan dan kelautan Sulawesi Utara sudah dikenal kualitasnya di berbagai daerah hingga mancanegara. Dalam melakukan ekspor, selama ini produk yang berangkat dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado harus melakukan transit terlebih dahulu ke daerah lain sebelum sampai ke negara tujuan. Hal ini dapat mengurangi kualitas dari produk segar karena waktu perjalanan yang terlalu lama.

"Maka dari itu, Bea Cukai Manado sudah berupaya mendorong pengusaha atau eksportir produk perikanan dan kelautan di Sulawesi Utara untuk melakukan ekspor langsung ke negara tujuan," ujarnya.

Menurunnya, jumlah produksi sebagai dampak pandemi Covid-19, menurut Ashar, merupakan salah satu kendala dalam melakukan ekspor. Selain itu, dari pihak instansi juga sedang berupaya untuk menyediakan sarana untuk bisa melakukan ekspor langsung ke negara tujuan, yaitu Jepang.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini