Ini Cara Pakai Google Classroom untuk Belajar Secara Offline

Ini Cara Pakai Google Classroom untuk Belajar Secara Offline Foto: Reuters/Stephen Lam

Google Classroom menjadi salah satu pilihan sebagai sarana pembelajaran yang dilakukan secara daring. Terlebih dengan kebijakan pemerintah untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar secara daring, penggunaan sarana seperti Google Classroom makin marak dipakai.

Dirangkum dari blog milik Google, ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan agar Google Classroom dapat digunakan secara offline atau tanpa internet.

Baca Juga: Cara Buat Kelas di Google Classroom di Laptop/Komputer, Gratis!

Pihak sekolah dapat mengatur sebuah tim IT yang akan menjadi admin untuk mengatur akses bagi guru maupun siswa. Tim IT terlebih dahulu perlu mengaktifkan akses offline baik untuk siswa dan guru melalui konsol admin G Suite.

Ketika akses tersebut sudah diaktifkan, pengguna baik siswa dan guru perlu terlebih dulu mengunduh ekstensi Google Documents Offline Untuk G Suite mereka di peramban Google Chrome. Ekstensi ini dapat digunakan pengguna untuk mendapatkan akses Google Drive, Documents, Slide, dan Spreadsheet secara offline. Pengguna juga harus mengaktifkan fitur offline pada G Suite masing-masing.

Fitur offline yang diberikan kepada siswa perlu diuji terlebih dahulu apakah berfungsi secara normal. Siswa dapat mengunduh materi yang ada jika siswa tidak memiliki akses internet di rumah.

Siswa juga dapat membaca email ketika fitur offline diaktifkan dan kemudian dapat membalas email jika sudah memiliki akses internet.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini