Wamendag: SDM Metrologi Mesti Siap Sokong Perdagangan

Wamendag: SDM Metrologi Mesti Siap Sokong Perdagangan Foto: Rahmat Saepulloh

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengharapkan kesiapan seluruh institusi internal Kemendag dalam mendukung pemberlakuan perjanjian perdagangan.

Hal ini disampaikan dalam kunjungan ke Direktorat Metrologi yang berlokasi di kawasan Pasteur, Bandung, Jumat (17/7/2020) sore.

Menurutnya, tugas Kemendag tidak berhenti hanya pada perundingan, tetapi masih terus berlanjut dalam bentuk pengawalan.

Baca Juga: Kemendag Gencarkan Perjanjian Perdagangan Biar Terus Surplus

"Nilai inti dari perjanjian perdagangan adalah kesejahteraan rakyat. Tidak ada gunanya perjanjian perdagangan kalau tidak bisa mewujudkan itu. Nah, tugas Kemendag adalah mengoptimalkan fungsi institusi-institusi internal agar sesuai dengan tujuan itu," tegasnya.

Jerry menyebutkan peranan Direktorat Metrologi sangat penting dalam hal ini guna mendukung perdagangan, terutama dalam konteks kepentingan negara dan kepentingan rakyat.

Metrologi paling tidak punya tiga tugas dalam hal; pertama, melindungi kepentingan publik dalam proses transaksi yang melibatkan pengukuran. Kedua, menjamin keabsahan dan keadilan dalam transaksi dan ketiga, mendukung fungsi negara dalam penyelenggaraan pungutan baik pajak maupun bukan pajak.

Seperti diketahui Direktorat Metrologi Kemendag adalah badan pemerintah yang diberikan wewenang dan tugas untuk menerapkan dan menjamin kepastian dalam pengukuran. Fungsi ini penting karena dalam dunia usaha, kepastian hukum dan transaksi adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar.

Selain itu, Direktorat Metrologi berperan dalam memberikan kepastian mengenai barang yang kena pajak maupun proses bisnis lain yang terkait dengan pendapatan negara.

"Direktorat Metrologi harus mampu memenuhi harapan itu," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini