Astaga Tuhan! Gereja Katedral Hangus, Diduga Sengaja Dibakar

Astaga Tuhan! Gereja Katedral Hangus, Diduga Sengaja Dibakar Foto: Foto/Shutter Stock

Kebakaran besar terjadi di sebuah katedral di kota Nantes, Perancis Barat. Kebakaran yang terjadi pada Sabtu 18 Juli waktu setempat, menghancurkan jendela-jendela kaca patri dan menghancurkan organ besar bersejarah dari abad ke-17 itu.

Jaksa Pierre Sennes mengatakan kepada wartawan setempat, bahwa kebakaran terjadi di tiga titik di gedung katedral, sehingga pihak berwenang menduga insiden itu merupakan tindakan kriminal yang disengaja. Namun Sennes tidak memberikan detailnya.

Baca Juga: 3 Proyek Bahasan Menkominfo & Dubes Perancis, Salah Satunya TVRI

Puluhan petugas pemadam kebakaran berhasil mengendalikan api setelah beberapa jam. Namun asap masih membumbung dari struktur bangunan gothic setelah api besar sebelumnya yang menghancurkan bagian dalam katedral.

"Kerusakan terkonsentrasi pada organ, yang tampaknya benar-benar hancur. Platformnya sangat tidak stabil dan bisa runtuh," kata Kepala Pemadam Kebakaran Regional, Laurent Ferlay, seperti dilansir Al Jazeera.

Baca Juga: Patung Maria di Gereja AS Dibakar, Terungkap Alasannya

Pekerja darurat telah menutup daerah sekitar Katedral St Peter dan St Paul. Kebakaran ini juga terjadi setahun setelah kebakaran besar di Katedral Notre Dame di Paris, yang menghancurkan bagian atap dan puncak menara utamanya.

Kebakaran ini bukan pertama kalinya yang merusak katedral. Sebagian telah hancur selama Perang Dunia II pada tahun 1944 setelah pemboman oleh sekutu. Pada tahun 1972, api benar-benar menghancurkan bagian atap dan akhirnya dibangun kembali 13 tahun kemudian dengan struktur beton menggantikan atap kayu kuno.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini