Jet-jet Tempur Termahal di Dunia, Prabowo Kesemsem yang Ini!

Jet-jet Tempur Termahal di Dunia, Prabowo Kesemsem yang Ini! Foto: Dassault Aviation

Di zaman sekarang ini, setiap negara pasti menginginkan jet tempur militer terbaik guna menunjang setiap misi melindungi negara. Demi mendapatkan pesawat militer canggih, baik itu jet tempur, pesawat pembom, atau bahkan pesawat angkut yang lebih baru tentunya tidak mengeluarkan uang yang sedikit.

Pesawat militer paling mahal di dunia adalah unit yang punya senjata berteknologi canggih yang mampu meluluhlantakkan kehancuran di hampir semua tempat di bumi.

Jadi berikut ini adalah 5 jet tempur militer termahal di dunia, seperti Warta Ekonomi rangkum dari Military Machine, Selasa (14/7/2020):

1. F-22 Raptor

most expensive fighter jets, F-22

Urutan teratas dari daftar jet tempur termahal duduki F-22 Raptor. Angkatan Udara Amerika Serikat memperkenalkan F-22 Raptor pada tahun 2015 dengan harga 143 juta dolar AS per unit.

Namun kini, harga satu unit F-22 Raptor dibanderol sekira 152 juta dolar AS atau Rp2.205 miliar. Jet tempur superior F-22 Raptor milik AS adalah jet tempur militer paling mahal di planet ini.

Dilengkapi dua mesin turbofan Pratt & Whitney F119-PW-100 dengan afterburner dan nozel vectoring dorong dua dimensi, memberikan kemampuan manuver F-22 yang tak tertandingi. Kecepatan tertinggi jet tempur ini lebih dari 1.500 mph dengan kemampuan supercruise.

2. F-35C Lightning II

F-35C on the flight deck of a carrier

Amerika Serikat masih mendominasi dengan jet tempur terbaru milik Angkatan Lautnya, yakni F-35C Lightning II. Pesawat tempur generasi kelima ini menggabungkan kemampuan serangan udara ke udara (air-to-air) serta udara ke darat (air-to-ground).Harganya kini dibanderol 122,8 juta dolar AS atau sekitar Rp1.770 miliar.

F-35C memiliki sayap lebih besar dan roda pendaratan yang lebih kuat. Dilengkapi One Pratt & Whitney F135-PW-100 mesin turbofan kekuatan F-35C, memberikan kecepatan maksimum sekitar 1.200 mph atau Mach 2.

3. F-35B Lightning II

most expensive fighter jets, F-35B STOVL

Korps Marinir Amerika Serikat memiliki jet tempur terbaru F-35B dengan kemampuan lepas landas pendek dan pendaratan vertikal (STOVL). Pesawat tempur generasi kelima ini menggabungkan kemampuan serangan udara ke udara serta udara ke darat, dihargai 121,8 juta dolar AS atau setara Rp1.755 miliar.

F-35B memakai sistem propulsi LiftFan dan Rolls-Royce yang dipatenkan dan mesin yang dapat berputar 90 derajat. Ini memberi F-35B opsi untuk mendarat di garis depan pertempuran tanpa landasan pacu yang panjang dan terstruktur.

Berkekuatan One Pratt & Whitney F135-PW-100 mesin turbofan kekuatan F-35B, memberikan kecepatan maksimal sekitar 1.200 mph atau Mach 2.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini