Apa Itu Pembiayaan Proyek?

Apa Itu Pembiayaan Proyek? Foto: Sufri Yuliardi

Pembiayaan proyek adalah pembiayaan yang dilakukan oleh bank atau lembaga keuangan untuk membiayai suatu proyek konstruksi. Berdasarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), apabila proyek kontruksi berada di luar negeri, akan ditetapkan persyaratan tertentu dalam pemberian kredit tersebut; bank tersebut akan meminta jaminan bahwa pembayaran angsuran akan dilakukan sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Pembiayaan proyek atau yang juga disebut project financing merupakan jenis skema pembiayaan dalam jumlah besar, dan umumnya untuk jangka waktu yang panjang.

Baca Juga: Apa Itu Pembiayaan Piutang?

Dalam suatu pembiayaan, biasanya terdapat sekelompok investor yang kemudian bertindak sebagai penanam saham (shareholder) dari sebuah perusahaan yang baru dibentuk, dan kemudian dikenal sebagai entitas bertujuan khusus. Selanjutnya perusahaan SPV akan mendesain, membangun, serta mengelola suatu proyek infrastruktur. 

Pembiayaan proyek adalah struktur pinjaman yang terutama bergantung pada arus kas proyek untuk pembayaran kembali, dengan aset, hak, dan kepentingan proyek dimiliki sebagai jaminan sekunder. Pendanaan proyek sangat menarik bagi sektor swasta karena perusahaan dapat mendanai proyek-proyek besar di luar neraca.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini